Sukses

Mau Lepas dari Jeratan Kartu Kredit? Ini Caranya!

Kalau saat ini Anda sudah terlanjut ketergantungan pada kartu kredit, bukan berarti tidak bisa insyaf dan berhenti menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan kartu kredit yang berlebihan bisa membuat Anda terlibat jeratan utang besar. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan untuk mengontrol diri saat memakai kartu kredit.

Kalau saat ini Anda sudah terlanjur ketergantungan pada kartu kredit, bukan berarti tidak bisa insyaf dan berhenti menggunakannya.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan memakai kartu kredit seperti dilansir dari laman cheatsheet.net, Sabtu (16/1/2016):

1. Batasi penggunaan

Idealnya, batas penggunaan kartu kredit yang maksimal adalah tiga kali gaji. Apabila lebih dari hal tersebut, maka dipastikan kita akan gali lubang tutup lubang untuk membayar tagihannya. Jadi membatasi dengan tiga kali gaji itu merupakan batas maksimal yang bisa kita bayar setiap bulannya.

2. Jangan menggunakan lebih dari dua kartu kredit

Apabila memungkinkan, hindari penggunaan kartu kredit lebih dari dua, karena Anda akan merasa kesulitan untuk membayarnya ketika jatuh tempo dengan tanggal yang berbeda.

Anda akan merasa bahwa gaji yang diterima selalu habis untuk membayar tagihan kartu kredit tanpa ada simpanan tabungan atau investasi.

3. Sedia uang tunai

Dengan mempunyai ekstra uang tunai di dalam dompet, Anda tidak harus menggesek kartu kredit yang nantinya malah akan menimbulkan hutang baru. Menggunakan uang tunai dapat menjadikan Anda lebih selektif lagi dalam berbelanja.

Belilah kebutuhan yang sekiranya memang Anda perlukan saat itu tanpa tergoda dengan cicilan 0 persen atau hadiah-hadiah menarik lainnya.

4. Buat anggaran biaya

Sebelum belanja untuk keperluan sehari-hari, buatlah anggaran belanja sehingga dapat meredam keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Anggaran biaya ini termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena akan membuat kita menghitung kembali uang yang masih tersisa. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

Video Terkini