Sukses

Ingin Sukses, Tiru Kebiasaan Sebagian Besar Miliarder Dunia Ini

Tidak ada rumus mudah untuk menjadi kaya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah wawancara dengan media Forbes baru-baru ini, ayah Bill Gates (pendiri Microsoft) menceritakan masa kecil anaknya.
 
"Ia sangat kutu buku, sampai saya dan ibunya harus membuat aturan tidak ada buku di meja makan," kata William H Gates Sr, seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (17/1/2016).
 
Kecintaannya dengan buku ini bukan hal yang mengejutkan. Gates memiliki sebuah blog pribadi, GatesNotes, yang memberikan 150 rekomendasi buku dari fisik sampai novel grafis.
 
Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Gates tidak sendirian dalam memiliki hobi ini. Investor legendaris Warren Buffett menghabiskan 80 persen harinya membaca buku.
 
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg juga membaca buku setiap dua minggu sekali. Ia memiliki klub baca bernama A Year of Books supaya bisa berdiskusi soal buku dengan komunitas Facebook.
 
Lalu, ratu media Oprah Winfrey juga punya klub bernama Oprah's Book Club. Bahkan ketika miliarder teknologi Elon Musk ditanya bagaimana bisa membangun roket, ia menjawab, "Saya membaca buku."
 
Sebuah studi dari The Harvard Business Review mengatakan, membaca dapat membuat seseorang mampu berkomunikasi dengan baik.
 
Dosen ekonomi Stanford Graduate School of Business, Scotty McLennan, berpendapat membaca novel bisa meningkatkan kemampuan kepemimpinan seseorang.
 
Tidak ada rumus mudah untuk menjadi kaya. Namun, buku di tangan para miliarder ini tidak menjadi sekedar gudang ilmu, tapi membantu mereka menciptakan sesuatu hingga mencapai kesuksesan.(Elsa Analet/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini