Sukses

Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

Berikut langkah-langkah yang dipersiapkan untuk merenovasi rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya rumah merupakan tempat ternyaman saat kita akan menghabiskan banyak waktu dan melewati momen indah dengan orang-orang tercinta.

Karena itu sendirinya, Anda tentu saja akan berupaya untuk membuat rumah selalu menjadi tempat paling menyenangkan dan selalu membuat seluruh anggota keluarga betah tinggal di dalamnya.

Berlalunya waktu dan berbagai macam kejadian yang terjadi di dalam rumah Anda tentu membuat kondisi rumah akan menjadi kurang nyaman bagi anda dan keluarga sehingga merasa perlu untuk melakukan renovasi di rumah.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang memutuskan untuk melakukan renovasi rumah, di antaranya seperti terjadinya kerusakan pada beberapa bagian rumah, hal ini bisa saja terjadi karena kondisi bangunan yang telah mulai tua dan membutuhkan perawatan ekstra secara berkala.

Tapi bisa juga disebabkan karena bertambahnya anggota keluarga. Saat memiliki anak atau saudara yang ikut tinggal di rumah, maka bisa jadi Anda berkeinginan untuk menambah sejumlah kamar atau ruangan lainnya untuk tetap menjaga kenyamanan rumah.

Selain alasan untuk merenovasi rumah adalah karena Anda memiliki dana yang telah anda siapkan atau tabung secara khusus dalam waktu yang cukup lama dan peruntukannya untuk melakukan renovasi, sehingga saat tiba waktunya dana tersebut mencukupi maka tak ada salahnya bila melakukan renovasi rumah dengan segera.

Berdasarkan keterangan itu, jadi bisa kita bilang kalau melakukan renovasi rumah adalah hal yang lumrah dilakukan, terutama bagi yang selalu mengutamakan kenyamanan dan kesehatan keluarga Anda.

Cermati langkah-langkah di bawah ini saat akan mempersiapkan renovasi rumah seperti dikutip dari www.cermati.com, Minggu (17/1/2016):

1. Tentukan Biaya Renovasi Rumah

Ini adalah langkah awal yang sangat penting untuk Anda lakukan setelah memutuskan untuk melakukan renovasi.

Anda dapat melakukan hal ini dengan cara mendatangi toko bangunan dan melakukan pengecekan harga bahan-bahan bangunan yang akan anda perlukan, dan tidak ada salahnya bila juga mendatangi kontraktor atau arsitek dan berkonsultasi dengan mereka mengenai segala rencana dan dana yang dimiliki.

Dengan demikian Anda tidak akan memiliki kesulitan dalam menentukan besaran dana yang akan dibutuhkan untuk melakukan renovasi tersebut.

2. Persiapkan Dana Cadangan

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menpersiapkan dana yang akan dihabiskan dalam renovasi rumah, pastikan dana yang disiapkan sesuai dengan perhitungan Anda di awal.

Dalam tahap ini Anda juga perlu memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan saat pindah rumah sementara selama proses renovasi rumah dilakukan. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan dana cadangan yang besarnya sekitar 30 persen dari jumlah keseluruhan biaya renovasi yang dikeluarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

3. Persiapkan Sumber Dana

Usahakan untuk memiliki tabungan sebagai sumber dana saat akan melakukan renovasi rumah, hal ini penting untuk menghindari Anda berutang.

Namun bila kebutuhan untuk melakukan renovasi telah sangat mendesak, sementara Anda belum memiliki dana yang cukup untuk dijadikan sumber dana, maka tak ada salahnya mengajukan pinjaman ke bank.

Pengajuan Pendanaan KTA dapat dijadikan sebagai pilihan utama karena persyaratannya yang cenderung mudah serta bunga dan cicilannya yang ringan bila dibandingkan dengan produk perbankan lainnya.

Bila ternyata memutuskan untuk menggunakan dana dari kartu kredit Anda sebagai dana renovasi rumah, maka pastikan menarik dana tersebut tanpa melebihi limit dan segera mengubah transaksi ke dalam cicilan tetap agar pengenaan bunga yang tinggi tidak merepotkan di kemudian hari.

4. Lakukan Pembagian Anggaran

Saat Anda telah mendapatkan sumber dana untuk rencana renovasi rumah, maka lakukan pembagian anggaran dengan tepat dan efisien. Hindari penggunaan anggaran yang boros dan keluar dari perencanaan awal yang telah ditetapkan.

Rawatlah Rumah Anda

Banyak orang yang berpendapat membeli sesuatu akan lebih mudah daripada merawatnya di kemudian hari, dan barangkali hal ini berlaku juga bagi sebuah rumah. Rumah adalah tempat kita berlindung dari cuaca panas, dan hujan.

Rumah juga menjadi saksi berbagai perjalanan hidup yang Anda lalui. Karena itu, rawatlah dia, jangan biarkan rumah Anda menjelma sebagai neraka bagi semua anggota keluarga. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.