Sukses

Menteri Yuddy‎ Buka Pelatihan Perbaikan Layanan Publik di Daerah

Pelayanan dan pelatihan yang diberikan Kementerian PAN-RB untuk meningkatkan pelayanan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian PAN-RB mengintegrasikan dan mensinergikan  kegiatan dari empat kedeputian dalam satu forum di lapangan. Hal itu dilakukan pertama kali dalam sejarah Kementerian PAN-RB.

Ada pun empat kedeputian itu antara lain Forum Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Bali, NTB dan NTT di Bali akhir pekan kemarin.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi menegaskan dengan langsung menerjunkan para deputi di lapangan, diharapkan mampu memberikan efek pelayanan birokrasi yang lebih baik.‎ Ini merupakan program pelatihan dan konsultasi yang dilakukannya demi meningkatkan pelayanan publik di daerah.

"Ini adalah tradisi baru untuk mendekatkan pelayanan, kami lakukan di daerah dengan memboyong semua Deputi Kementerian PAN-RB. Selain acara pembinaan juga ada kegiatan coaching clinic, bimbingan dan konseling, ini dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja," kata Yuddy dalam keterangannya, Senin (18/1/2016).

Sementara itu Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman, menyampaikan kegiatan terobosan ini adalah salah satu tindak lanjut dari resolusi 2016 yang telah ditegaskan Menteri PANRB, yakni Kementerian PAN-RB Terdepan Menjadi Teladan.

"Ini adalah bentuk kongkrit dari resolusi Kementerian PAN-RB untuk terdepan menjadi teladan. Dimulai dari keteladanan dalam memberikan pelayanan integratif di lapangan. Pak Menpan seringkali mengatakan bahwa era birokrasi priyayi telah usai, sekarang waktunya birokrasi melayani," ujar Herman.

Ia menuturkan, kegiatan integratif ke lapangan ini akan digulirkan secara rutin untuk daerah-daerah lainnya. Selain pembinaan umum, skema standar yang akan terus dikembangkan adalah coaching clinic, bimbingan, serta konseling bidang pendayagunaan aparatur negara.

Di kesempatan terpisah, Konstatia Arankoja, Kabag Organisasi Kabupaten Sika Flores NTT mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kementerian PAN-RB ini.

"Kami apresiasi kegiatan terobosan Kementerian PAN-RB ini. Selain menambah wawasan, melalui forum ini kami juga mendapatkan informasi lengkap dan motivasi untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja di daerah,"‎ tambah dia.  (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini