Sukses

Harga Sayur di Pasar Tradisional Masih Terpantau Tinggi

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuah harga sayuran masih terpantau tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kebutuhan pangan di pasar tradisional secara perlahan mulai turun di awal pekan ini. Namun meskipun telah mengalami penurunan, harga sayur tersebut masih terpantau tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Salah satu pedagang sayur di Pasar kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Imam(30) mengatakan, harga-harga beberapa sayur telah mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Ia menyebutkan, untuk cabai merah keriting dijual di harga Rp 35 ribu per kilogram (kg), sedangkan untuk cabai merah rawit di angka Rp 50 ribu per kg. Sementara, harga bawang merah dipatok Rp 30 ribu per kg dan bawang putih Rp 28 ribu per kg.

Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, harga tersebut telah mengalami penurunan. "Cabai rawit di awal tahun lalu harganya bisa sampai Rp 60 ribu per kg. Ini dalam 10 hari terakhir sudah turun," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (18/1/2016).

Imam menjelaskan, meskipun mengalami penurunan, harga tersebut masih tergolong mahal. Melonjaknya harga sayur tersebut mulai terjadi menjelang hari raya Natal 2015 dan tahun baru 2016 kemarin. 

Saat itu, kondisi cuaca tidak menentu. Hal tersebut membuat pasokan berkurang karena ada beberapa komoditas sayur yang gagal panen. Selain itu, di beberapa daerah juga terjadi banjir sehingga distribusi terganggu. Beberapa sayur yang tidak tahan lama menjadi rusak saat sampai di Jakarta. 

Imam mengatakan, beberapa kebutuhan pangan lain juga terpantau tinggi. Dia bilang, harga tomat mencapai Rp 13 ribu per kg sedangkan kentang Rp 14 ribu per kg.

Pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama lainnya, Satiyah(40) membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan kenaikan paling terasa terjadi pada cabai merah rawit. "Rawit merah lagi mahal Rp 50 ribu per kg, sudah dua mingguan. Dulu masih Rp 40 ribu," tandas dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Cabai merah rawit Rp 50 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg
Bawang merah Rp 30 ribu per kg
Bawang putih Rp 28 ribu per kg
Timun Rp 6.000 per kg
Kol Rp 12 ribu per kg
Seledri Rp 30 ribu per kg
Tomat Rp 13 ribu per kg
Kentang Rp 14 ribu per kg
Wortel impor Rp 18 ribu per kg
Wortel lokal Rp 16 ribu per kg
Daun bawang Rp 18 ribu per kg
Sawi Rp 7.000 per kg
Buncis Rp 6.000 per kg
Brokoli Rp‎ 15 ribu per kg
Kembang kol Rp 15 ribu per kg
Terong Rp 5.000 per kg
Kacang panjang Rp 8.000 per kg.

(Amd/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.