Sukses


Ingin Cepat Punya Anak? Tinggal di Perumahan Ini

Hasil studi menyebutkan ternyata perempuan yang tinggal dekat jalan raya utama memiliki potensi masalah kesuburan sampai dengan 5 pers

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki keturunan tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Oleh karena itu, jangan asal mencari tempat tinggal.

Baru-baru ini penelitian di Amerika Serikat (AS) menyebutkan polusi dan kemacetan lalu-lintas ternyata berpengaruh terhadap masalah kesuburan wanita, seperti ditulis Sabtu (23/1/2016) yang dikutip dari Reuters.com dan Rumah.com.

Riset ini mengambil responden lebih dari 36.000 wanita dari 1993-2003 dan menganalisa pengaruh polusi udara dan kemacetan dekat rumah mereka dan pengaruhnya terhadap masalah kesuburan. Hasilnya, terdapat 2.500 kasus yang terindikasi memiliki masalah kesuburan. Rata-rata mereka adalah yang tinggal dekat jalan utama, dengan jarak 0 sampai 199 meter.

Meskipun pengaruhnya relatif kecil, sekitar lima persen, namun polusi udara tetap berdampak besar terhadap kesehatan lingkungan, termasuk bayi dan balita, seperti yang disebutkan oleh Mark Nieuwenhuijsen, peneliti dari Center for Research in Environmental Epidemiology and the Barcelona Institute for Global Health.

Solusinya? Dr. Sajal Gupta, peneliti dari Cleveland Clinic di Ohio menyarankan pasangan yang sulit mendapat keturunan agar mulai mempertimbangkan hunian baru yang lebih sehat dan memiliki kualitas udara bersih.

Berikut ini Rumah.com memberi sejumlah referensi beberapa perumahan yang lokasinya cenderung jauh dari jalan utama.

1. Alam Sutera

Kawasan perumahan di Alam Sutera (Foto: Alam Sutera)

Bagi calon konsumen yang saat ini tinggal di Jakarta dan sekitarnya, nama Alam Sutera sudah demikian terkenal. Sebagai kawasan yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan, pengembangan kawasan terpadu ini merupakan implementasi dari ecological planning method.

Dalam setiap pengembangannya Alam Sutera selalu mengedepankan kondisi alam sekitar, meliputi faktor topografi, hidrologi, akses, hingga demografi.

Tinggal di sini, Anda akan dikelilingi oleh lingkungan hijau dengan kualitas udara yang segar serta jauh dari kebisingan. Namun Anda tak akan kesulitan menjangkau Jakarta, karena pintu tol Jakarta-Tangerang berada sekitar 3 km dekat perumahan.

Anda tinggal memilih, mau rumah tapak seperti New Alba dan Sutera Victoria, atau bisa juga di gedung apartemen seperti Paddington Heights.

2. Palm Garden

Palm Garden merupakan salah satu dari belasan perumahan baru yang ada di kawasan Tapos, Depok, tepatnya di Jalan Raya Dongkal (sekitar 2 km dari jalan utama Gas Alam). Konsep yang dihadirkan perumahan adalah minimalis tropis, dengan nuansa yang nyaman dan tenang.

Dengan banderol harga mulai dari Rp 1 miliar-Rp 1,77 miliar, perumahan ini menawarkan banyak fasilitas bagi penghuninya. Mulai dari taman yang diisi oleh berbagai tamanan dan pohon palem, musala dan sport club.

Bagi Anda yang sangat mengutamakan kesehatan, klub olah raga tentu bisa menjadi sarana terbaik yang memungkinkan Anda tak perlu mencari klub fitness di luar perumahan. Nantinya, klub olah raga ini akan diisi oleh beragam alat-alat fitness seperti treadmill, home gym, sepeda stastis, hingga stationary bike.

3. Citra Raya Tangerang


Ilustrasi hunian di kawasan CitraRaya

Garden Ville merupakan salah satu supercluster milik Citra Raya (Ciputra Group) yang memiliki tema hijau dan ramah lingkungan. Jaraknya dari jalan utama (Jalan Raya Serang) sekitar 5 km sehingga udaranya relatif bersih dari polusi.

Tinggal di kota mandiri Citra Raya, Anda tidak perlu khawatir kesulitan menjangkau fasilitas-fasilitas umum mulai dari sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat hiburan.

Pada intinya, lingkungan hunian yang sehat akan memberi dampak yang positif terhadap kualitas hidup penghuninya. Selayaknya hal ini menjadi pertimbangan penting bagi Anda yang hendak mencari perumahan baru. (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini