Sukses

Ini Respons Para Pengusaha yang Diangkat Jadi Angota KEIN

KEIN akan menjadi dewan penasehat Presiden di bidang ekonomi dan industri.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa nama pengusaha kelas kakap dan juga ekonom ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Pelantikan KEIN akan dilakukan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (20/1/2016) pukul 09.30 WIB.

Johnny Darmawan yang saat menjabat sebagai Ketua III Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku, dirinya mendapat kabar dari Istana bahwa namanya masuk dalam daftar anggota KEIN pada Selasa (19/1/2016) sore.

"Dari banyak orang yang masuk dalam daftar, disaring menjadi 17 orang, itu hasil seleksi presiden," jelasnya kepada Liputan6.com, Rabu (20/1/2016).

Johnny mengaku belum begitu jelas mengetahui tugas-tugas dari KEIN. Menurutnya, rincian tugas akan diutarakan di setelah pelantikan.

Sebagai mantan Presiden Direktur Toyota Astra Motor ini Johnny sebenarnya ingin pensiun. Namun karena tugas yang diampunya ini merupakan tugas negara maka ia akan menjalankan dengan penuh tanggug jawab.

Hal senada diungkapkan oleh Ekonom Aries Muftie. Dirinya mendapat kabar untuk diundang ke Istana negara untuk menghadiri pelantikan anggota KEIN pada kemarin sore.

Ia sendiri belum mengetahui siapa saja yang akan menjadi rekan kerjanya dalam tim KEIN tersebut. "Untuk tugas-tugasnya nanti setelah pelantikan untuk lebih jelasnya," tutur Aries.

Hendri Saparini yang juga masuk dalam daftar mengutarakan hal yang sama. "Untuk pastinya tunggu pelantikan saja, takut ada yang berubah dadakan," katanya.

Presiden jokowi akan melantik anggota KEIN yang diketuai oleh Soetrisno Bachir di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Berdasarkan jadwal kegiatan Presiden yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Rabu (20/1/2016), Soetrisno akan dilantik Jokowi di Istana Negara pukul 09.30 WIB.

Acara tersebut nantinya akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja, para pimpinan lembaga tinggi negara serta para Ketua Partai Politik pendukung pemerintah.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pengangkatan Soetrisno Bachir yang merupakan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasioan (PAN), telah melalui pertimbangan yang matang dan menjadi hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden. "Itu sudah menjadi kewenangan Presiden," ucap Pramono.

KEIN, kata Pramono, nantinya akan menjadi dewan penasehat Presiden di bidang ekonomi dan industri yang bertanggungjawab langsung terhadap Presiden. ‎‎Rencana dibentuknya KEIN, menurut dia, telah dibahas pada September 2015. Sebab pemerintah ingin fokus ke industri dan hilirisasi.

"Namun, nantinya lembaga tersebut bukan hanya berfokus pada ekonomi tetapi juga industri. Karena itu, namanya kemungkinan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN)," ujar dia.

Berikut daftar kepengurusan KEIN: 

Ketua: Soetrisno Bachir
Wakil Ketua: Arif Budimanta
Sekretaris: Putri Wardani

Anggota:
1. Hendri Saparini
2. Hariyadi Sukamdani
3. Eddy Sariaatmadja
4. Sudhamek
5. Johnny Darmawan
6. Benny Soetrisno
7. Mohamad Fadhil Hasan
8. Benny Pasaribu
9. Sonny Budi Harsono
10. Aries Muftie
11. Muhammad Syafii Antonio
12. M Najikh
13. Andri BS Sudibyo
14. Zulnahar Usman
15. Irfan Wahid
16. Donny Oskaria
17. Sugiarto Alim.

(Dny/Ndw/Gst/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini