Sukses

7 Cara Membuat CV yang Menarik

Dalam dunia kerja saat ini, resume atau curriculum vitae (CV) Anda harus langsung memukau perusahaan yang dituju.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia kerja saat ini, resume atau curriculum vitae (CV) Anda harus langsung memukau perusahaan yang dituju. Umumnya para manager hanya membutuhkan enam detik untuk melihat resume sebelum memutuskan apakah kandidat ini lolos tahap selanjutnya atau tidak.

Ketika pasar tenaga kerja semakin terbuka dan ada banyak lowongan tersedia, maka para pencari akan menghadapi kompetisi yang sangat ketat tahun ini. Berikut tujuh tips untuk memperbaiki resume Anda seperti ditulis Money, Jumat (29/1/2016):

1. Tingkatkan informasi kontak Anda

Para manajer bisa sangat sibuk. Jadi, buatlah pekerjaan mereka jadi mudah. Tidak perlu memberikan alamat rumah Anda secara lengkap. Yang lebih penting adalah buat tautan ke surat elektronik dan media sosial, seperti LinkedIn, supaya manajer bisa langsung menilai Anda.

2. Buat halaman resume Anda menarik

Tergantung pada industri yang dituju, Anda dapat membuat desain dan grafis yang baik pada resume. Anda bisa memakai warna pada garis atau jenis tulisan selain Times New Roman supaya resume terlihat menarik.

3. Hilangkan pernyataan tujuan

Para manajer saat ini tidak peduli dengan apa yang Anda cari. Mereka fokus mencari orang yang tepat. Pernyataan tujuan di resume sudah sangat usang dipakai sekarang dan saatnya dihilangkan.

Untuk memulai resume Anda bisa mulai dengan sinopsis karier profesional secara singkat, berisi pengalaman, sejarah, dan prestasi terbesar Anda.

4. Pandu mata pembaca

Internet telah mengubah perilaku orang membaca. Orang-orang tidak membaca dari atas ke bawah lagi tapi melihat hal-hal berbeda setiap halaman. Jika Anda tidak membuat resume yang menarik maka banyak hal terabaikan.

5. Kalahkan robotnya

Banyak perusahaan menengah dan besar menggunakan perangkat lunak untuk menyaring kandidat. Resume Anda memerlukan kata kunci yang tepat.

Mengubah kata-kata sederhana seperti customer relation menjadi client relation bisa membantu resume Anda disetujui atau malah ditolak.

6. Lupakan bagian ketrampilan

Perusahaan mencari lebih dari sekedar daftar ketrampilan. Mereka lebih ingin tahu bagaimana Anda menerapkan semua itu.

7. Maksimalkan halaman

Anda mungkin pernah dengar saran agar melupakan batasan resume hanya satu halaman. Tapi kenyataannya, hal itu ternyata perlu.

Resume dengan dua halaman hanya cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman kerja 30 tahun. Kalau Anda baru memulai karier maka cukup sehalaman saja. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.