Sukses

Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Ketahui

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda dapat memilih dan menyesuaikan kebutuhan anda dengan jenis kartu kredit yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki dan aktif sebagai pengguna kartu kredit merupakan suatu hal yang wajar dan telah begitu lumrah dilakukan oleh banyak orang.

Kartu kredit seperti telah menjadi kebutuhan wajib dan gaya hidup yang diterapkan oleh orang-orang yang selalu mengedepankan kenyamanan dan kemudahan di dalam hidup mereka.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga seorang pengguna dan penikmat semua layanan kenyamanan tersebut? Bila iya, maka ada baiknya mengetahui dengan jelas apa saja fitur dan fasilitas yang terdapat di dalam kartu kredit yang anda gunakan.

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda dapat memilih dan menyesuaikan kebutuhan dengan jenis kartu kredit yang akan Anda gunakan.

Hal ini penting dilakukan, mengingat setiap orang tentu akan memilki kebutuhan tersendiri dan tak ada salahnya juga memaksimalkan pemanfaatan kartu kredit yang anda miliki.

Beberapa poin di bawah ini adalah manfaat kartu kredit yang wajib diketahui seperti dilansir dari www.cermati.com, Kamis (21/1/2016):

1. Fasilitas Balance Transfer

Ini merupakan sebuah fasilitas yang ditawarkan oleh bank tertentu dan wajib dijadikan pertimbangan, terutama bagi yang memiliki sejumlah tagihan di dalam kartu kredit yang lama.

Penggunaan fitur ini dilakukan dengan cara memindahkan tagihan dari kartu kredit yang lama ke kartu kredit yang baru (sekitar 80 persen dari total tagihan) dan selanjutnya tagihan tersebut akan Anda lunasi di kartu kredit yang baru milik anda.

Hal ini biasa dilakukan karena adanya pertimbangan bunga yang lebih kecil atau fasilitas cicilan yang lebih menguntungkan sehingga Anda merasa tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit yang lama dan memutuskan untuk menutupnya.

2. Fasilitas Tarik Tunai

Fasilitas ini juga diberikan oleh semua kartu kredit, namun ada beberapa kartu kredit yang memberi jumlah persentase penarikan tunai yang cukup besar bagi para nasabahnya.

Namun Anda selalu harus mempertimbangkan dengan matang keputusan melakukan tarik tunai melalui kartu kredit anda karena setiap transaksi penarikan tunai  akan dikenai biaya yang tidak sedikit dan ditambah dengan bunga harian yang dihitung sejak terjadinya transaksi penarikan tunai Anda.

3. Fasilitas Cicilan 0%

Ini juga merupakan sebuah fasilitas yang sangat menggiurkan bagi para pengguna kartu kredit. Bagaimana tidak, Anda akan diberi kemudahan membayar cicilan tagihan anda tanpa dikenai bunga selama jangka waktu tertentu, hal ini tentu saja sangat menyenangkan bukan?.

Namun ada baiknya Anda selalu berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit, jangan sampai fitur yang tadinya meringankan beban Anda justru akan menjadi beban hutang yang tak terbayar di kemudian hari.

4. Reward Points

Pada umumnya rewards atau bonus yang diberikan bank penerbit kartu kredit adalah dalam bentuk point dan cashback yang akan didapatkan dari pembelanjaan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Anda.

Fasilitas ini akan sangat menguntungkan bagi anda karena dengan menggunakannya anda dapat menghemat dan mengumpulkan cashback yang anda dapatkan setiap kali berbelanja. Untuk poin yang Anda dapatkan, biasanya akan ditukarkan dengan berbagai macam barang menarik yang ditawarkan melalui katalog bulanan yang dikirimkan bersama tagihan Anda.

5. Transaksi Dalam Mata Uang Asing

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan/pembelanjaan dalam mata uang asing, terutama bagi yang senang bepergian ke luar negeri. Bagi Anda pemegang kartu kredit yang memiliki fitur foreign currency transaction ini, Anda akan diberi kemudahan dalam pembelanjaan yang menggunakan kurs asing karena di dalam tagihan transaksi tersebut akan ditagihkan dalam bentuk mata uang rupiah. (Vna/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.