Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pindah Kerja di Bidang Lain

Berpindah haluan kerja ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti mendambakan sukses dalam hidupnya. Untuk itu terkadang mereka pun terus mencari kesempatan agar dapat berkarir dan bekerja di bidang yang lebih baik.

Akan tetapi berpindah haluan kerja ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan, jika pekerjaan tersebut berasal dari bidang yang berbeda dengan apa yang Anda lakukan sekarang.

Lalu bagaimana mensiasatinya? Berikut 5 langkah yang dapat Anda tempuh untuk berpindah haluan kerja seperti dilansir dari cheatsheet.com, Senin (25/1/2016):

1. Menjadi Sukarelawan

Jika Anda harus segera bekerja di posisi Anda yang baru, Anda mungkin tidak memiliki waktu yang tepat untuk merasakan kerja menjadi sukarelawan. Namun, jika Anda memiliki waktu yang cukup maka kegiatan sukarela ini dapat sangat bermanfaat bagi kemajuan karier Anda nanti.

Kegiatan sukarelawan dapat memperlihatkan bahwa Anda benar-benar tertarik bekerja di bidang tersebut. Anda pun dapat menambah pengalaman baru dengan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

2. Membangun koneksi

Selain kegiatan sukarela, satu hal yang harus Anda lakukan adalah membangun koneksi dengan banyak orang baru. Anda dapat mengikuti berbagai seminar dan konferensi yang digelar demi dapat memperluas jaringan yang Anda miliki.

Koneksi ini sangat penting dikarenakan dapat membantu Anda untuk mengenal dan mengetahui lebih lanjut tentang bidang yang baru ingin Anda geluti. Siapa tahu kalau orang-orang baru ini juga dapat berdampak sangat besar pada kesuksesan karir Anda nanti.

3. Dapatkan sertifikat

Jika pekerjaan yang Anda inginkan ini memerlukan sertifikasi khusus, maka mulailah membangun rencana untuk mengambil sertifikasi yang diperlukan. Setifikasi pekerjaan ini sangat penting bagi Anda agar kemampuan Anda benar-benar diakui perusahaan.

4. Memperbaiki resume

CV atau resume merupakan hal yang penting bagi seseorang dalam melamar kerja. Namun, karena Anda melamar di suatu pekerjaan yang berbeda dengan bidang yang pernah Anda geluti sebelumnya, maka Anda harus benar-benar bisa ‘menjual’ diri melalui CV yang dimiliki.

Saat melamar pada pekerjaan di bidang yang baru maka sangat penting Anda memperlihatkan dengan khusus keahlian Anda yang dapat membantu mengembangkan potensi di bidang tersebut.

5. Buktikan diri saat wawancara

Anda pasti ditanya mengenai kemampuan yang Anda miliki. Namun satu hal yang lebih penting adalah Anda pun pasti akan ditanya mengenai alasan mengapa ingin berpindah haluan kerja ke bidang lain.

Pastikan bahwa Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan baik dan dapat memberi pembuktian bahwa Anda mampu dan berkapabilitas untuk mengisi posisi tersebut. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini