Sukses

Harga Minyak Jatuh, Schlumberger Pecat 10.000 Karyawan

Schlumberger kembali harus menelan pil pahit akibat anjloknya harga minyak.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah didera jatuhnya harga minyak selama 18 bulan belakangan, perusahaan penyedia jasa lapangan minyak dan gas (migas) nomor satu di dunia Schlumberger Ltd kembali harus menelan pil pahit.

Melansir CNBC, Jumat (22/1/2016) perusahaan minyak tersebut harus menerima pembatalan proyek pengeboran minyak dari klien akibat anjloknya harga minyak.

Hal ini mengakibatkan kerugian besar hingga mencapai US$ 1 miliar pada kuartal IV 2015. Schlumberger juga berencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 10 ribu pegawai dari total 95 ribu pegawai yang bekerja.

Sejak November 2014, Schlumberger telah memotong 26 persen pegawai perusahaan atau sebanyak 34 ribu karyawan.

 

Industri minyak dan gas telah mengalami penurunan tajam setelaha harga minyak jatuh sejak beberapa waktu yang lalu. Hal ini berdampak masif pada produsen yang sebelumnya terbiasa untuk menikmati harga minyak yang mencapai US$ 100 per barel. Pada hari kamis, harga minyak sampai di level di bawah US$ 30 per barel.

Pengumuman laba Schlumberger mempengaruhi keputusan investor yang pada akhirnya menolak rencana proyek yang ingin dilakukan. Kerugian perusahaan yang mencapai US$ 1 miliar akibat turunnya pendapatan hingga 40 persen menjadi US$ 7,74 miliar.

Chief Executive Schlumberger Paal Kibsgaard memperingatkan sentimen negatif pada kuartal IV 2015 bakal berlanjut melihat melimpahnya stok minyak dunia. Membanjirnya pasokan akan menekan harga dan membuat perusahaan minyak yang memakai jasa pengeboran Schlumberger menahan aktivitas produksi.

Schlumberger juga mengumumkan program US$ 10 miliar pembelian kembali saham baru. Hal ini diharapkan dapat membantu untuk mendorong naiknya sebanyak 4 persen dalam perdagangan depan. Tahun lalu, saham perusahaan ini turun lebih dari 18 persen.

(Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.