Sukses

71% Penduduk Dunia Berada di Garis Kemiskinan

Selama lima tahun terakhir, orang-orang kaya dunia berhasil meningkatkan hartanya.

Liputan6.com, Jakarta - Selama lima tahun terakhir, orang-orang kaya dunia berhasil meningkatkan hartanya. Sebanyak 62 orang terkaya saat ini punya harta sama dengan kekayaan setengah penduduk dunia.

Menurut laporan lembaga nirlaba Oxfam, seperti ditulis CNN Money, Sabtu (23/0/2016), pada 2010 jumlah orang kaya yang menguasai kekayaan tersebut mencapai 388 orang.

Studi yang dilaporkan Oxfam pada World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss tersebut mengacu pada laporan daftar kekayaan versi majalah Forbes dan hasil riset Global Wealth Databook Credit Suisse.


Ke-62 orang kaya ini berhasil menghasilkan triliunan dolar AS selama 2010 hingga 2015. Sementara 3,6 miliar orang di dunia justru kehilangan penghasilan sebanyak triliunan dolar AS. Masing-masing grup mewakili kekayaan sebesar US$ 1,76 triliun.

"Kekayaan dunia saat ini semakin terkonsentrasi pada puncak teratas piramida," kata direktur riset Oxfam Amerika, Gawain Kripke.

Pendapatan orang kaya dan miskin juga semakin melebar. Orang yang hidupnya miskin sekali hanya menghasilkan US$ 1,9 per hari. Sementara orang kaya mendapat lonjakan pendapatan sebesar 46 persen.

Hasil riset Pew Research Center baru-baru ini menunjukkan kemiskinan di dunia sudah turun setengahnya dalam 10 tahun terakhir. Namun, tetap saja sebanyak 71 persen populasi dunia berada di garis kemiskinan dengan pendapatan kurang dari US$ 10 per hari. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini