Sukses

Harga Daging Sapi Masih Bertahan di Rp 120 Ribu per Kg

Kenaikan harga daging sapi terjadi karena minimnya pasokan dari pemotongan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging sapi masih belum melandai di awal pekan terakhir Januari 2016 ini. Harga daging sapi masih berada di kisaran Rp 120 ribu per kilogram (kg) di pasar tradisional. 

Antono (41), salah seorang pedagang saging sapi di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, harga daging sapi terpantau tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Dia menghitung, harga daging sapi mulai menanjak naik menjelang hari raya Natal 2015 dan tahun baru 2016 kemarin. 

"Kami jual kemarin di Rp 110 ribu per kg. Sekarang tidak bisa. Sekarang dari pemotongan saja sudah Rp 99 ribu per kg, sebelum kenaikan harga standar Rp 84 ribu per kg. Kemarin terakhir Rp 91 ribu per kg," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Ia melanjutkan, kenaikan harga daging sapi terjadi karena minimnya pasokan dari pemotongan. Dia menuturkan, karena berkurangnya pasokan di pemotongan sedangkan permintaan tetap tinggi maka membuah garga melonjak.

Berdasarkan informasi yang Antono terima, di pemotongan hewan memang sedang kekurangan pasokan dari feedloter. Alhasil, terdapat beberapa pemotongan yang memutuskan untuk berhenti operasi. "Untuk sementara jagal tutup, cari jagal lain. Biasanya motong buat sama-sama," paparnya.

Pedagang daging sapi lainnya, Hadibowo (50) menuturkan, pengenaan pajak untuk sapi impor juga sempat menimbulkan spekulasi dan mendorong kenaikan harga di pemotongan. Dia mengatakan, dengan harga tinggi di pemotongan seharusnya harga sapi di jual Rp 125 ribu per kg. "Kalau grosir ke kami itu Rp 115 ribu per kg, seharusnya di atas Rp 125 ribu per kg jualnya," tuturnya.

Namun, Hadibowo memilih untuk tak menaikan harga jual menimbang daya beli yang kurang baik. "Grosir tutup semua tidak menyembelih. Harga naik Rp 10 ribu dari feedloter. Harga Rp 120 ribu tidak masuk,  pengaruh ke daya beli. Langganannya angkat tangan," tandas dia.

Berikut daftar harga daging sapi berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Sirloin Rp 120 ribu per kg
Tenderloin Rp 130 ribu per kg
Ati Rp 70 ribu per kg
Paru Rp 70 ribu per kg
Jantung Rp 70 ribu per kg
Babat Rp 25 ribu per kg
Usus Rp 20 ribu per kg‎.

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.