Sukses

Anda Calon Pemimpin Hebat Jika Punya Sifat Ini

Pemimpin menjadi faktor penentu keberhasilan dan kemajuan bagi suatu tim.

Liputan6.com, Jakarta - Secara garis besar pemimpin baik adalah pemimpin yang bisa membela dan melindungi, membimbing, dan mendidik orang yang dipimpin menjadi orang yang lebih baik, hebat dan lebih baik dari sebelumnya.

Pemimpin menjadi faktor penentu keberhasilan dan kemajuan bagi suatu tim. Jika anak buah dan tim mampu maju dan berkembang hebat, maka sudah pastilah maju karena ada pembimbing yang hebat di belakangnya. Namun jika suatu tim rusak dan hancur bersumber dari ketidakcakapan seseorang pemimpinya.

Lalu apa yang harus dilakukan agar mampu menjadi pemimpin yang baik. Coba perhatikan beberapa hal berikut seperti dilansir dari Entrepreneur.com, Rabu (27/1/2016), siapa tahu Anda punya salah satu sifatnya:

1. Persuasif

Persuasif, merupakan salah satu karakteristik yang cukup penting. Apakah Anda terbiasa mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, kemudian ia melakukannya sesuai dengan ajakan Anda?

Atau, apakah Anda ketika menawarkan suatu ide ke orang-orang, ide Anda kerap diterima?

Kalau iya, selamat. Berarti Anda memang cocok menjadi pemimpin yang baik dan hebat. Karena memang tak bisa dipungkiri, kemampuan persuasi merupakan aktivitas rutin seorang pemimpin.

2.  Inspiratif

Pemimpin yang baik dan hebat tak hanya fokus untuk menghebatkan dirinya saja. Ia juga hobi berbagi ilmu, pengalaman, pembelajaran, dan kemampuan kepada orang-orang di sekitarnya.

Itu sebabnya, orang-orang di sekitarnya kerap menghargainya, dan juga menjadikannya harapan untuk meminta bantuan pertolongan.

3. Percaya diri

Sayangnya, tak banyak orang yang percaya bahwa setiap manusia telah memberikannya potensi akal yang hebat untuk berpikir.

Beruntunglah Anda, sekiranya Anda kerap memanfaatkan akal Anda tersebut untuk senantiasa percaya diri menghadapi beraneka macam problematika kehidupan.

Selain itu, ternyata sifat pede  mampu menular. Di lain sisi, berarti, Anda sangatlah hebat, sekiranya Anda senantiasa percaya diri, kemudian orang-orang di sekitar Anda menjadi ikut percaya diri, karena Anda.

4. Konsisten

Setiap orang punya keinginan  kesibukan rutin dalam rangka memenuhi keinginannya. Sayangnya, banyak orang yang tumbang di tengah jalan. Entah karena jenuh, tidak mampu, atau perihal lainnya.

Nah, beruntunglah Anda apabila Anda mampu konsisten dengan hal ini. Anda akan cocok menjadi pemimpin, agar bisa mengontrol mereka yang kurang konsisten di bidangnya.

5. Berpegang teguh dengan objektivitas

Sangat hebat apabila Anda bisa berpegangteguh dengan prinsip-prinsip baik yang lahir dari sikap objektif. Meskipun kadang itu sulit untuk dilakukan, sifat ini sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin

6. Tegas membuat keputusan

Membuat keputusan, adalah salah satu pekerjaan rutin seorang pemimpin. Jika Anda kerap berpegang teguh pada kebenaran, meski sangat beresiko, maka otomatis Anda pun akan senantiasa bisa membuat keputusan yang tegas.

7. Disiplin

Kedisiplinan berasal dari pemahaman yang benar akan tujuan dan cara-cara mencapai tujuan. Tentunya, pemahaman yang benar seperti itu, hanya bisa didapat melalui cara berpikir yang baik.

Maka dari itu, sekiranya Anda terbiasa berpikir yang baik tanpa ada libatan emosional, maka Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan hebat. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.