Sukses

Harga Emas Dekati Level Tertinggi dalam 3 Bulan

Harga emas naik 0,5 persen ke level US$ 1.112 per ounce pada perdagangan Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Manila - Harga emas bergerak reli ke level tertinggi sejak November pada perdagangan Selasa pekan ini. Hal itu lantaran investor beralih ke aset investasi relatif aman karena kekhawatiran atas ekonomi global. Sentimen itu juga menekan bursa saham dan harga minyak dunia.

Di pasar spot, harga emas naik 0,5 persen ke level US$ 1.112,86 per ounce yang sebelumnya sempat sentuh level US$ 1.113,54 sejak 4 November 2015.

Harga emas AS untuk pengiriman Februari naik 0,7 persen menjadi US$ 1.113,10 per ounce. Penguatan harga emas juga diikuti harga perak naik 0,3 persen menjadi US$ 14,27.

Bank sentral Amerika Serikat (AS) melakukan pertemuan pada pekan ini diharapkan dapat memperhatikan kondisi ekonomi global dari China hingga Eropa. Diharapkan bank sentral AS memutuskan soal kenaikan suku bunga secara tepat.

Ini menjadi pertanda baik untuk emas yang telah naik hampir lima persen sepanjang 2016. Harga emas merosot 10 persen pada 2015.

"Harga emas dapat reli. Harga emas menguji level US$ 1.138, dan bila tembus itu maka dapat sentuh level US$ 1.160," kata Brian Land, Direktur GoldSilver Central, seperti dilansir dari laman Reuters, Selasa (26/1/2016).

Lan menambahkan, ada sejumlah permintaan meningkat untuk emas. Hal itu mengingat pelaku pasar tidak lagi memiliki keyakinan di bursa saham dan mata uang.

Mengutip laporan www.fortisasiafutures.com, harga emas telah naik lebih tinggi pada perdagangan Senin pekan ini. Hal itu seiring dolar Amerika Serikat dan bursa saham AS melemah sehingga membantu penguatan harga emas.

Bursa saham merosot seiring harga minyak tertekan telah meningkatkan kekhawatiran mengenai pertumbuhan melambat sementara dolar AS tergelincir terhadap yen. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.