Sukses

Menkeu Bambang Ingin Ada Hari Bea Cukai Nasional

Hari Bea dan Cukai Nasional akan menggambarkan semangat seluruh insan Bea dan Cukai di Indonesia dalam mengamankan target penerimaan negara.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro, mengusulkan perlunya Hari Be‎a Cukai Nasional bagi Indonesia. Pasalnya selama puluhan tahun Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) berdiri, Kemenkeu hanya memperingati Hari Pabeanan Internasional di bawah bendera Organisasi Kepabeanan Dunia (World Customs Organization/WCO).

"Aktivitas kepabeanan dan cukai di Indonesia telah dilakukan sebelum organisasi pabean internasional dibentuk‎. Dengan sejarah panjang pemungutan bea dan cukai di Indonesia, saya berpendapat sudah saatnya DJBC punya Hari Bea dan Cukai Nasional," ucapnya saat peringatan Hari Pabeanan Internasional ke-64 di gedung DJBC Ahmad Yani, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Namun untuk menentukan hari yang tepat, kata Bambang, pemerintah harus melakukan serangkaian kajian historis. Hari Bea dan Cukai Nasional akan menggambarkan semangat seluruh insan Bea dan Cukai di Indonesia dalam mengamankan target penerimaan negara.

"Pada tahun lalu, jajaran DJBC mengumpulkan penerimaan bea dan cukai 92,5 persen atau Rp 180,4 triliun dari target di APBN-P 2015 sebesar Rp 195 triliun," ucap Bambang.

Di masa mendatang, kata Bambang, tantangan dalam mengemban tugas negara, terutama dalam mengumpulkan penerimaan negara, akan semakin berat. Dengan mekanisme pengawasan dan penindasan yang selektif dan efektif ditambah penghargaan atas pencapaian kinerja yang terukur, DJBC dapat mengamankan target penerimaan bea dan cukai di 2016.

"Tapi saya minta agar pegawai DJBC tetap mengedepankan integritas, bekerja dengan amanah, ikhlas, cerdas dan lebih keras dalam menjalankan tugas," ucapnya.

‎Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan hari ini seluruh insan bea dan cukai di seluruh dunia memperingati Hari Pabeanan Internasional. Indonesia telah bergabung sebagai anggota WCO sejak 30 April 1957.

"‎Penetapan Hari Bea Cukai Nasional akan ditentukan berdasarkan sejarah oleh panitia dan Menteri Keuangan," ujarnya.

Bambang sore ini menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pabean Nasional ke-64.

Bertempat di lapangan Gedung ‎DJBC Ahmad Yani, Jakarta, upacara peringatan Hari Pabean Internasional ini dilangsungkan mulai pukul 16.00 WIB. Ratusan pegawai DJBC tampak bersemangat dan hikmat mengikuti proses upacara tersebut.

"Indonesia sudah menjadi backbone ASEAN single window karena kita lebih dulu mengembangkan sistem ini. Selanjutnya teknologi dan informasi lainnya berhasil mendukung kinerja DJBC seperti makin banyaknya pencegahan atau tangkapan narkotika dan sebagainya," ia menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.