Sukses

Saingi Singapura, Terminal 3 Bandara Soetta Dilengkapi Monorel

PT Angkasa Pura II (Persero) tengah melakukan tahap penyelesaian pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta, Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah melakukan tahap penyelesaian (finishing) pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Terminal yang mengusung konsep modern ini akan menggunakan berbagai teknologi baru yang ramah lingkungan. 

Direktur Operasional AP II Djoko Murjatmojo menjelaskan, salah satu teknologi modern yang diusung oleh Angkasa Pura II di terminal III Ultimate adalah teknologi automated people mover dengan monorail (monorel).

"Jadi nanti di depan akan ada monorel yang akan memutar ke terminal satu ke terminal lain setiap 4 menit sekali dengan kapasitasnya 150 orang sampai dengan 200 orang untuk sekali angkut, seperti di Bandara Changi, Singapura," katanya, di Tangerang, Banten, Rabu (27/1/2016).

Adanya moda transportasi yang mengadopsi sistem monorel tersebut nantinya juga akan dibarengi dengan dibangunnya Stasiun kereta Bandara Soetta yang terkoneksi dengan jalur ke Jakarta dan juga beberapa pemberhentian bus.

Proses pembangunan dari Terminal 3 Ultimate ini sendiri sudah mencapai‎ 94 persen. Terminal ini nantinya terdiri dari lima lantai dimana lantai paling bawah digunakan untuk kedatangan dan lantai dua akan digunakan untuk keberangkatan.

terminal 3 Ultimate juga akan tersedia fasilitas hotel yang berada di depan terminal dan fasilitas parkir yang diposisikan di sisi kiri dan kanan dari terminal. Rencananya Terminal 3 Ultimate mulai beroperasi pada Mei 2016.Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Ilyas p/Liputan6.com)

"Kami akan angkat tema di Bandara ini untuk dekorasinya tentang art and culture, karena inilah Indonesia, banyak budaya," tambah Direktur Utama AP II, Budi Karya.

Terminal 3 Ultimate ini nantinya akan memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun. Terminal ini akan melayani penerbangan internasional dan domestik. Adapun total gate di terminal 3 ultimate mencapai 28 gate dimana 10 gate internasional dan 18 gate domestik.

Luas bangunan terminal 3 ultimate ini mencapai 422.804‎ meter persegi dimana 331.101 meter persegi terdiri dari bangunan terminal, 85.578 meter persegi gedung parkir, dan 6.124 meter persegi sebagai gedung VVIP. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini