Sukses

Bandara Soetta Ditargetkan Layani 120 Pergerakan Pesawat per Jam

PT Angkasa Pura II (Persero) tengah memperluas kapasitas terminal 1, 2 dan 3 ultimate bandara Soekarno Hatta

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah memperluas kapasitas terminal 1, 2 dan 3 ultimate bandara Soekarno Hatta. Dengan adanya perbaikan ini ditargetkan kapasitas penumpang Bandara Soetta naik dua kali lipat dari kapasitas saat ini 25 juta orang per tahunnya.

Direktur Utama AP II Budi Karya menjelaskan selain pembangunan terminal, pihaknya juga merencanakan penambahan beberapa lajur yang menghubungkan runway dengan taxi way.

"Kita juga akan bangun east cross taxi way, saat ini sedang tahap penyelesaian design," terang Budi di kantornya‎, Rabu (27/1/2016).

Dengan infrastruktur yang sudah ada saat ini Budi mengungkapkan Bandara Soetta mampu melayani pergerakan pesawat sebanyak 72 kali pergerakan per jamnya. Jumlah ini akan ditingkatkan menjadi 86 kali pada tahun ini.

"Nanti 2017 bisa mencapai 90 sampai 100 pergerakan pesawat, Malahan Pak Menteri (Perhubungan) ingin bisa sampai‎ 120 pergerakan, ini nanti rencananya bisa sebanyak itu sebelum Asian Games," papar Budi.

Dengan kapasitas pergerakan pesawat sebanyak itu, maka Bandara Soetta mampu menyaingi Heathrow di London yang saat ini juga mampu melayani pergerakan pesawat sekitar 90 per jam hanya dengan menggunakan dua runway.

Namun begitu, menejemen AP II memberikan syarat demi peningkatan kapasitas‎ yaitu pembangunan runway 3. Saat ini perusahaan tengah melakukan komunikasi dengan warga untuk proses pembebasan lahan. (Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.