Sukses


Mengenal Empat Syarat Rumah Ideal

Memilih rumah yang berkualitas bagi pemula mungkin gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Memilih rumah yang berkualitas bagi pemula mungkin gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dikutip dari www.rumah.com , seperti ditulis Jumat (29/1/2016),  Benny Puspantoro membeberkan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat hendak membeli rumah.

Beberapa syarat rumah yang ideal harus dilihat secara teknis dan matematis. Namun ada baiknya Anda memahami secara umum apa saja hal-hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai rumah yang baru Anda huni mengalami kebocoran, dinding retak, lembab, atau kusen lapuk.

Sebuah rumah juga harus mencakup pedoman dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti: Peraturan Bangunan Nasional, Peraturan Pembebeasan Indonesia untuk Rumah dan Gedung, Perencanaan Bangunan Tahan Gempa, dan Standar Arsitektur di Bidang perumahan.


Skema Ilustrasi Bangunan

Menurut Benny Puspantoro, baik bangunan rumah maupun gedung mempunyai struktur pendukung utama yang sama yaitu terdiri dari: fondasi, rangka bangunan, dan atap. Ketiga pendukung utama tersebut harus memiliki empat syarat di bawah ini.

Syarat pertama, pendukung utama bangunan harus kuat. Suatu bangunan harus mempunyai konstruksi yang kuat, untuk melindungi penghuni dari bahaya keruntuhan dan juga agar penghuni dapat merasa tentram tinggal di dalamnya.

Untuk memperoleh dan menjamin konstruksi yang kuat, dapat dilakukan hitung-hitungan mekanika dan perencanaan struktur yang benar dan teliti dengan angka keamanan yang cukup.

Syarat kedua adalah tahan lama. Suatu bangunan harus direncanakan mempunyai umur yang panjang. Bila rumah mempunyai umur yang panjang (awet) tentu akan membuat penghuni merasa senang.

Untuk mendapatkan rumah yang tahan lama, harus diperhatikan dalam hal pemakaian bahan-bahan bangunannya yang bermutu dan berkualitas baik, serta cara melaksanakan pekerjaan yang betul sesuai prosedur yang benar.

Untuk dua syarat ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak ahli.

Syarat ketiga adalah keindahan. Keindahan pada konstruksi bangunan rumah bertujuan memberikan kebangan kepada penghuninya dan juga menambah nilai bangunan tersebut.

Terakhir adalah syarat kesehatan. Anda akan tinggal di rumah dalam waktu lama bukan? Untuk itu, syarat keempat yakni faktor kesehatan harus diperhatikan oleh setiap calon pembeli.

Caranya, dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan, seperti: bagaimana pembuangan air kotor (sanitasi), sampah, dan juga mempertimbangkan iklim, arah angin, sinar matahari, keadaan lingkungan. (Kantri/Ahm)

 

foto: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.