Sukses

5 Orang Terkaya Dunia di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, Amancio Ortega hingga jajaran miliarder-miliarder terkaya dunia lainnya. Jumlah kekayaan mereka sangat besar.

Situs Wealth X dan Business Insider merilis 50 orang daftar orang terkaya baru terbaru di 2016. Daftar tersebut sementara, karena jumlah kekayaan mereka bisa berubah dalam hitungan detik, setiap saat. Apalagi untuk mereka yang sumber kekayaannya dari saham.

Namun tetap, kekayaan mereka sangat besar. 50 orang terkaya dunia tersebut jika dijumlahkan hartanya mencapai US$ 1,45 triliun. Nilai itu setara GDP Australia.

Sumber kekayaan mereka macam-macam. Yang juga mengejutkan adalah sepertiga dari 50 orang tersebut adalah orang kaya hasil keringat sendiri, bukan warisan atau menang lotere. Artinya rata-rata sekitar 15 orang adalah pengusaha yang memulainya dari nol.

50 orang terkaya itu didominasi oleh kaum pria. Hanya 4 orang orang terkaya perempuan. Dilihat dari negara, Amerika Serikat (AS) adalah negara yang paling banyak menghasilkan miliarder. Sekitar 29 dari 50 orang terkaya itu adalah dari AS. China kedua dengan 4 orang miliarder, dan India ketiga dengan 3 miliarder.

Kebanyakan dari mereka adalah pengusaha di bidang teknologi. Sektor ini menyumbang seperempat dari daftar, yakni 12 orang.

Miliarder yang termuda dalam daftar adalah CEO Facebook, Mark Zuckerberg di peringkat kedelapan dengan total kekayaan sekitar US$ 42,2 miliar. Mark baru berumur 31 tahun.

Sedangkan yang tertua adalah Liliane Bettencourt. Pemilik L'Oreal berumur 93 tahun ini berada di peringkat ke-17 dengan total kekayaan mencapai US$ 29 miliar.

Berikut 5 besar orang terkaya dunia dalam daftar tersebut:


1. Bill Gates

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (Kevork Djansezian/Getty Images for Masters Grand Slam Indoor/AFP)

Pendiri Microsoft tak bergeming bertengger di daftar orang terkaya dunia. Kekaayaan pendiri Microsoft tersebut mencapai US$ 87,4 miliar atau sekitar Rp 1.223 triliun (kurs: Rp 13.835 per dolar AS). Bill Gates adalah salah satu orang kaya yang menciptakan kekayaannya sendiri dari titik nol.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Amancio Ortega

Pria berkebangsaan Spanyol ini adalah pemilik jaringan ritel fesyen terkenal beremek Zara. Amancio Ortega yang umurnya hampir menginjak kepala 8 adalah orang terkaya kedua dunia. Kekayaan Ortega mencapai US$ 66,8 miliar atau setara Rp 924,1 triliun.

3. Warren Buffet

Ketahui Apa yang Menjadi Ukuran Sukses Bagi Warren Buffett | via: huffpost.com

Salah satu orang terkaya dan juga tertua di dunia ini juga merintis karirnya dari awal. Dia kini memiliki perusahaan investasi Berskhire Hathaway.

Hobi Buffet memang berinvestasi, menanamkan modalnya di banyak usaha hingga kini dia memiliki kekayaan yang mencapai US$ 60,7 miliar atau sekitar Rp 839,7 tiriliun.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Jeff Bezos

Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon. (Forbes.com)

CEO Amazon, Jeff Bezos menempati urutan keempat orang terkaya di dunia. Pria berkepala plontos ini memiliki kekayaan mencapai US$ 56,6 miliar setara Rp 783 triliun.

Jeff yang berumur 31 tahun ini mendapatkan kekayaannya dari usaha e commerce miliknya yaitu Amazon. Bezos mendirikan Amazon di garasi rumahnya pada 1994.

5. David Koch

Foto: CNBC

Priua berumur 75 tahun ini memiliki kekayaan mencapai US$ 47,4 miliar atau sekitar Rp 655,7 triliun. Bersama dengan kaknya Charles, Koch mengelola Koch Industries sebagai Wakil Presiden Eksekutif. (Zul/Ndw)

 

Artikel Selanjutnya
Survei: CEO Perusahaan di China Kurang Yakin Ekonomi Global
Artikel Selanjutnya
Top 3: Utang Pemerintah Tembus Rp 3.672 Triliun sampai 31 Mei