Sukses

8 Cara Sederhana Tingkatkan Kekayaan

Untuk menuju kebebasan finansial harus menerapkan formula yakni meningkatkan pendapatan dan kekayaan bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi orang yang bergelut di bidang keuangan, tentu familiar dengan istilah kekayaan bersih. Sebab, istilah satu ini sering tertera di dalam neraca keuangan baik perusahaan maupun perorangan.

Secara sederhana, kekayaan bersih adalah indikator kesehatan finansial seseorang. Untuk mengetahui jumlah kekayaan bersih, kita harus menghitung total aset seperti rumah, tanah, kendaraan bermotor, tabungan, investasi atau perhiasan untuk kemudian dikurangi total kewajiban seperti cicilan KPR, kredit kendaraan hingga utang kartu kredit.

Memupuk kekayaan adalah jalan menuju kebebasan finansial sejati. Untuk mencapainya, kamu harus menerapkan formula yakni meningkatkan pendapatan dan kekayaan bersih sembari mengurangi utang.

Dalam arti lain menabung lebih banyak dan kurangi utang. Untuk membantu kamu, berikut ini 8 langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk membangun kekayaan bersih di tahun 2016 seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (29/1/2016):

1. Minta kenaikan gaji

Salah satu cara mudah meningkatkan kekayaan bersih adalah dengan meningkatkan penghasilan. Jika kamu adalah karyawan yang berprestasi, tidak ada salahnya mencoba meminta kenaikan gaji pada atasan.

Minta kenaikan gaji secara rasional dan profesional. Jelaskan pada atasan mengapa kamu layak memperoleh kenaikan gaji. Bila perlu ingatkan kembali kontribusi apa saja yang sudah kamu berikan untuk perusahaan.

2. Cari penghasilan sampingan

Uang tidak cuma datang dari gaji bulanan. Kamu bisa kok menciptakan penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan. Conothnya bisa menjalankan bisnis online hingga menjadi pekerja freelance. Kesempatan itu ada di mana-mana.

Pikirkan dari sekarang apa yang bisa kamu lakukan dari beberapa juta rupiah atau beberapa ratus ribu rupiah di rekening tabungan.

(Baca juga: 10 Penyebab Kenapa Kamu Tidak Pernah Jadi Pengusaha Sukses)

3. Beli rumah

Menyewa rumah tidak akan membantu meningkatkan kekayaan bersih seseorang. Dengan membeli rumah, baik itu kredit maupun tunai, kekayaan bersih akan bertambah seiring meningkatnya nilai jual rumah.

Seperti umum diketahui, properti atau tanah adalah salah satu investasi berisiko rendah yang menghasilkan keuntungan tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Cara Sederhana Meningkatkan Kekayaan

4. Kurangi belanja

Kekayaan bersihmu tidak akan bertambah jika uang selalu habis untuk belanja. Apalagi, barang yang dibeli memiliki kecenderungan mengalami penurunan nilai. Mengurangi belanja akan membantu kamu untuk menabung lebih banyak.

5. Kurangi utang

Meningkatkan kekayaan bersih bukan hanya urusan mengakumulasi uang namun mengurangi utang. Mulai dari utang kartu kredit, utang kredit kendaraan hingga utang KPR.

Semuanya menjadi faktor pengurang jika kamu menghitung kekayaan bersih. Fokuslah untuk mengurangi utang dimulai dari utang yang memiliki bunga paling tinggi. Lakukan sekarang sebelum nilai utang membengkak dan membuatmu bangkrut.

6. Investasi saham

Jangan biarkan ada uang yang menganggur. Biarkan uang tersebut bekerja untukmu dengan menanamkannya pada instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan besar. Salah satunya adalah pasar saham. Melihat rekam jejak IHSG, keuntungan 10 persen hingga 20 persen per tahun adalah target yang mudah dicapai.

7. Menikah

Banyak keuntungan yang diperoleh dari menikah. Salah satunya adalah penggabungan aset yang dapat meningkatkan kekayaan bersih. Selain itu, penggabungan penghasilan juga dapat meningkatkan daya beli untuk melakukan investasi seperti membeli rumah. Tentunya investasi dapat meningkatkan kekayaan bersihmu di kemudian hari.

(Baca juga: Inilah 5 Anak Penguasa Dunia yang Sukses Berbisnis)

8. Beli asuransi

Kekayaan bersih yang kamu miliki bisa berkurang tajam jika kamu berhadapan dnegan situasi darurat dan kamu tidak memproteksi diri dari risiko. Apakah rumah, kendaraan, barang berharga hingga kesehatan dan jiwa sudah dilindungi asuransi?.

Membeli asuransi yang berkualitas memang membutuhkan banyak uang, namun dapat menyelamatkan banyak uang juga jika kamu berhadapan dengan risiko. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.