Sukses

Perempuan Ini Sempat Tak Nyaman Jadi Jutawan

Setiap orang sukses menorehkan kekayaan besar dinilai harus menantang pikirannya soal uang.

Liputan6.com, Jakarta - Lisa Nichols tidak hidup dari keluarga kaya. Di usia 27 tahun, sekitar 20 tahun lalu, ia sempat hanya punya uang US$ 12 di rekening tabungannya.

Tapi itu masa lalu karena sekarang kekayaannya mencapai US$ 1 juta. Semua berkat kesuksesannya membangun bisnis pelatihan dan pengembangan profesional untuk pemilik usaha kecil bernama Motivating the Masses.

Perjalanannya menuju jutawan bukanlah proses yang mudah. Seperti ditulis Business Insider, Senin (1/2/2016), ia mengatakan banyak hal terjadi ketika ia membangun bisnis.

Ketika perusahaannya untung US$ 975 ribu, Nichols malah memilih memperlambat langkahnya. "Saya tidak ingin terlihat terlalu berbeda dan kelihatan," kata dia.

Ia berpikir untuk kembali ke keluarga dan lingkungannya dulu. Pikiran tidak sadarnya itu justru membuat geraknya terbatas dan bisnis jadi mandek.

Hal tersebut tidaklah unik dan hanya terjadi pada Nichols. Penulis Steve Siebold mengatakan, keluarga dari kelas menengah dan ke bawah cenderung melihat uang sebagai sesuatu yang susah didapat sehingga menempatkannya sebagai musuh.

Memiliki banyak uang, psikolog dan perencana keuangan Brad Klontz, justru membuat beberapa orang menjadi tidak nyaman. "Ada beberapa orang justru melakukan sabotase terhadap kesuksesan keuangannya," ujar Klontz.

Ia menyarankan, setiap orang yang berada dalam keadaan tersebut untuk menantang pikirannya soal uang. "Coba lihat pengalaman Anda soal uang dan bagaimana Anda melihat kekayaan," kata Klontz.

"Coba membuat bayangan seimbang soal uang supaya kondisi keuangan Anda baik," tambah dia

Hal tersebut dilakukan oleh Nichols. Ia mundur ke belakang untuk menanyakan soal langkahnya memperlambat bisnis. Ternyata semua berawal karena pengalamannya ketika miskin.

"Sekarang saya biarkan diri saya berjalan mengikuti arahan hidup, bukan hanya sekadar omongan yang ada di dalam pikiran alam bawah sadar," ujar Nichols. (Elsa A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.