Sukses

Kemenperin Ingin Bangun Pabrik Es di Kupang

, pembangunan pabrik es ini akan diintegrasikan dengan lokasi aktivitas nelayan seperti berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan pihaknya akan terus meningkatkan penyediaan fasilitas produksi ikan bagi nelayan di Indonesia. Setelah membangun 12 pabrik es di beberapa daerah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga akan membangun sarana yang sama di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Dari sekian banyak kebutuhan fasilitas pendukung, dua di antaranya adalah pabrik es dan industri garam yang menyokong pengawetan hasil laut mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Dia menjelaskan, pembangunan pabrik es ini akan diintegrasikan dengan lokasi aktivitas nelayan seperti berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Nantinya pengelola pabrik es bisa dilakukan oleh koperasi, TPI atau kelompok usaha bersama (KUB) setempat.

 

Sejak 2007 hingga 2015, Kemenperin telah memberikan bantuan mesin peralatan es balok berkapasitas 10 ton per hari. Lokasinya tersebar di 12 daerah yaitu di Pasaman Barat, Pariaman (Sumbar), Sampang, Pamekasan (Madura), Kota Bengkulu, Lampung Selatan, Tuban, Lamongan, Minahasa Selatan, Ambon, Baubau (Sultra), dan Donggala (Sulteng).

"Pasokan es balok ini berdampak langsung pada kualitas tangkapan. Bahkan Presiden Joko Widodo memberi perhatian pada pemenuhan kebutuhan cold storage ini," kata dia.

Kupang dipilih menjadi lokasi pembangunan pabrik es ini lantaran potensi lestari sumber daya ikan laut, khususnya di Teluk Kupang hampir mencapai 20 ribu ton per tahun. Kupang juga menjadi pusat konsentrasi nelayan dari berbagai daerah seperti Sulawesi, Jawa, Madura dan NTB.

"Kami berharap pabrik es dapat mendukung cold storage sehingga jangka waktu pengawetan ikan lebih lama dan untuk memasok nelayan saat melaut," kata Walikota Kupang Jonas Salean.

Selain pabrik es, di Kupang juga akan dikembangkan industri garam lebih lanjut. Lahan yang tersedia seluas 1,5 hektare dan telah memproduksi garam 70 ton per hektare.

Jonas menjelaskan, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, garam juga digunakan pada pengawetan ikan tangkapan nelayan.
Sementara itu, Direktur IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Ditjen IKM Kemenperin, Sudarto mengatakan Kemenperin siap memadukan produksi es balok dengan teknologi penggaraman.

"Dari produksi garam, produk sampingannya dapat digunakan untuk meningkatkan titik beku es balok. Dari biasanya hanya -4 derajat celsius bisa menjadi -10 derajat," kata dia.

Dengan titik beku di level ini, imbuhnya, maka es mampu digunakan lebih lama terutama saat digunakan melaut oleh nelayan. Dia memperkirakan es dapat bertahan hingga 10 hari, sedangkan es yang diproduksi secara konvensional hanya sanggup bertahan 2-3 hari sebelum mulai mencair.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini