Sukses

Top 3: Daftar Perusahaan yang Dikabarkan Bakal PHK Karyawan

Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis pada Rabu 3 Februari 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) bakal menggelar aksi besar-besaran di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada 6 Februari 2016. Setidaknya, 20 ribu buruh merapat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia.

Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat ada 13 perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016.

Artikel daftar perusahaan yang dikabarkan bakal PHK karyawan paling menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu sore (3/2/2016). Tak hanya itu, besaran pesangon yang diinginkan buruh saat kena PHK juga menyita perhatian pembaca. Ingin tahu apa saja artikel di kanal bisnis yang menyedot perhatian pembaca? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis pada Rabu sore ini:

1. Daftar Perusahaan yang Dikabarkan Bakal PHK Karyawan

Ratusan pekerja menyebrangi rel kereta di stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa (29/9/2015). Kemenaker mencatat PHK per Agustus 2015 meningkat 62% yaitu sekitar 26.506 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Konfederesi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) bakal menggelar aksi besar-besaran di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada 6 Februari 2016. Setidaknya, 20 ribu buruh merapat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia.

Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat ada 13 perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016. Selengkapnya baca di sini

2. Dipanggil Wawancara Kerja? Jangan Lupa Tanyakan 5 Hal Ini

Hati-hati saat wawancara kerja, Anda harus bisa menjawab pertanyaan dari HRD dengan baik.

Wawancara kerja merupakan saat Anda dapat bertatap muka dengan calon perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Banyak orang yang terlalu takut membuat kesalahan pada saat wawancara ini hingga akhirnya cenderung pasif saat proses berlangsung.

Satu hal yang perlu diingat, wawancara kerja merupakan proses komunikasi dua arah. Untuk itu, bukan hanya pewawancara yang berhak menanyakan Anda berbagai pertanyaan. Anda pun memiliki hak yang sama untuk mengajukan pertanyaan apabila ada beberapa hal yang kurang Anda mengerti.

Selain itu, pertanyaan ini juga dapat memberikan sinyal baik bagi perusahaan bahwa Anda sebenarnya memiliki minat yang tinggi pada jabatan tersebut. Selengkapnya baca di sini

3. Kena PHK, Ini Besaran Pesangon yang Diminta Buruh

Ribuan buruh di dua perusahaan elektronik terkena PHK.

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)/Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menuntut uang pesangon sebagai kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Diketahui, Panasonic dan Toshiba akan mem-PHK ribuan karyawannya.

Kedua perusahaan elektronik raksasa asal Jepang itu dikabarkan menutup tiga pabriknya di Indonesia dengan alasan produknya tak lagi laku.

Presiden KSPI/FSPMI Said Iqbal mengatakan, berdasarkan aturan Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, para pekerja dengan masa kerja 8 tahun ke atas berhak menerima uang pesangon 9 bulan kali upah terakhir. Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini