Sukses

Top 3: KSPI Perkirakan Akan Ada PHK Besar

Artikel mengenai PHK tersebut menjadi artikel paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memperkirakan pada periode Januari hingga Maret 2016 jumlah pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) mencapai 10 ribu orang.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan pada periode Januari-Maret 2016‎ sejumlah perusahaan secara bertahap akan melakukan pengurangan tenaga kerja. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor elektronik dan pertambangan.

Sebelumnya, Toshiba dan Panasonic pun dikabarkan bakal melakukan PHK terhadap sejumlah karyawannya. Sebelumnya juga gelombang PHK menghantui sektor minyak, imbas dari harga yang terus anjlok.

Artikel mengenai PHK tersebut menjadi artikel paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, pada Jumat (5/2/2016) pagi. Ada juga artikel lain yang menarik perhatian. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3 Bisnis.


1. KSPI Perkirakan Akan Ada PHK Besar

Ribuan buruh berjalan menuju bundaran Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Aksi tersebut menimbulkan kemacetan lalu lintas kendaraan di sekitar kawasan Istana Negara. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

angka-angka itu baru sebagian yang dicatat oleh KSPI. Dia memperkirakan masih banyak perusahaan yang melakukan pengurangan tenaga kerja saat ini. Jika ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin jumlah tenaga kerja yang terkena PHK tahun ini sama seperti tahun lalu.

"Dugaan kami yang sudah ter-PHK lebih dari 10 ribu orang‎ dalam kurun waktu Januari-Maret. Kalau ini dibiarkan sampai akhir tahun, jumlahnya akan sama dengan tahun lalu. ‎Pada 2015 yang ter-PHK sudah 50 ribu

Berita selengkapnya baca di sini

2. 4 Hal yang Dilakukan Orang Sukses Saat Jam Makan Siang

Apa Anda sering merasa mengantuk saat jam makan siang? Atau merasa kurang mampu produktif saat jam di kantor menunjukkan waktu pukul 1 siang?

Jika hal ini sering terjadi pada Anda, jangan khawatir, Anda tidaklah sendiri. Hampir semua orang sering merasakan hal ini ketika siang hari. Lalu, bagaimana cara menanggulanginya?

Berita selengkapnya baca di sini

3. Mau Cek Saldo Iuran BPJS? Ini Caranya

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Dalam rangka memberikan kemudahan bagi para peserta dalam mengakses informasi terkait segala hal mengenai saldo iuran dan layanan yang diberikan, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan sosialisasi layanan aplikasi ponsel (mobile app) dengan nama BPJSTK Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, App Store dan Blackberry App World.

Kepala Divisi Pengembangan Teknologi Informasi (TI) BPJS Ketenagakerjaan Romie Erfianto mengatakan, aplikasi tersebut menampilkan sejumlah fitur yang akan memberikan kemudahan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan, antara lain fitur Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT), Layanan Esaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, informasi program JHT, informasi program JKK, informasi program JKM, informasi lokasi kantor cabang, contact center, sosial media link.

"Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sekitar 1 tahun terakhir. Tapi mungkin karena selama ini masih kurang sosialisasinya sehingga banyak yang belum tahu. Tapi akan terus sosialisasikan," ujarnya.

Berita selengkapnya baca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.