Sukses

Tips Kembali Dapatkan Pekerjaan Usai Kena PHK

Liputan6.com, Jakarta - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bukan merupakan barang baru dalam industri ketenagakerjaan di Indonesia. Terlebih ketika krisis moneter berlangsung pada 1997, gelombang PHK besar-besaran melanda negeri.

Alasan perusahaan memberhentukan karyawan pun beragam. Mulai dari untuk mengurangi pengeluaran kantor atau karena adanya perubahan manajemen perusahaan.

Apapun alasannya, kabar PHK merupakan pukulan yang sangat mengejutkan bagi yang mendengarnya.

Mencari pekerjaan setelah mengalami PHK memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan apabila terkena imbas pemutusan hubungan kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja, Sabtu (6/2/2016):

1. Tetap Positif

Tidak ada gunanya untuk merasa malu dan bersalah. Langkah PHK tersebut memang harus diambil perusahaan demi menyelamatkan bisnis. Walaupun keadaan sedang panik dan suasana hati sedang gundah, jangan sampai melakukan tindakan gegabah dan usahakan untuk tetap berpikir tenang.

Dengarkan baik-baik apa yang dijelaskan bos Anda ataupun HRD perusahaan sehingga tidak ada informasi yang terlewatkan.

Perwakilan perusahaan akan menjelaskan situasi yang terjadi sebenarnya. Tanyakan beberapa pertanyaan perihal asuransi kesehatan atau beberapa kompensasi yang belum Anda gunakan.

2. Buat Rencana

Apabila Anda berencana untuk mencari kerja kembali setelah di PHK, maka Anda membutuhkan sebuah rencana. Rencana ini termasuk berapa banyak dana yang dibutuhkan agar tetap mampu mendukung kehidupan Anda sekarang. Sembari mengisi waktu Anda dapat mencoba untuk melakukan pekerjaan lepas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Mengetahui pilihan

Sebelum memilih untuk menekuni dan mencari pekerjaan baru, Anda harus mengetahui pilihan apa yang dapat diambil. Dengan kesempatan yang dimiliki sekarang, Anda bisa memilih kesempatan untuk berkarir di bidang lain atau mencari perusahaan yang lebih bonafit.

4. Perluas jaringan

Satu hal yang dapat membantu Anda untuk menemukan pekerjaan dengan lebih cepat adalah jaringan yang luas. Cobalah untuk mengontak kembali teman lama dan mencoba untuk bertanya apakah ada kesempatan kerja di perusahaan tempat ia bekerja sekarang.

5. Perbaiki resume

Waktu luang yang Anda miliki sekarang juga dapat digunakan untuk memperbaiki resume yang dimiliki. Pastikan resume Anda menonjolkan keahlian baik yang dapat digunakan sebagai senjata untuk kembali di jalur karir yang Anda inginkan. (vna/nrm)

http://www.nextavenue.org/7-tips-finding-work-after-job-loss/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini