Sukses

Alami 6 Hal Ini? Siap-siap Ditolak Usai Wawancara Kerja

Ada kalanya proses wawancara kerja tidak berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang merasa sulit untuk mengetahui apakah proses wawancara kerja yang mereka alami benar-benar berjalan sesuai rencana. Proses wawancara yang baik akan memberikan hasil yang maksimal dan menjadikan kandidat pekerja mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Namun ada kalanya proses wawancara tersebut tidak berjalan lancar. Akhirnya, pelamar pun harus menerima nasib pahit bahwa mereka tidak mampu mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Untuk menghindari hal ini, kira-kira apa tanda yang dapat Anda perhatikan? Berikut ulasannya mengutip dari laman Business Insider, Rabu (10/2/2016):

1. Pewawancara tidak melakukan kontak mata

Coba perhatikan gerak gerik pewawancara saat wawancara sedang berlangsung. Apakah mereka terus memberi fokus pada Anda atau justru pandangannya malah fokus ke berbagai tempat.

Jika pandangannya tidak fokus kepada Anda, maka itu merupakan tanda bahwa pewawancara sebenarnya tidak berminat dengan apa yang sedang Anda bicarakan.

2. Memperlihatkan bahasa tubuh negatif

Bahasa tubuh negative ini seperti menyilangkan tangan di depan dada, menyenderkan tubuh jauh dari Anda, melihat pintu atau tidak fokus terhadap apa yang Anda bicarakan. Ini merupakan sinyal negatif yang harus Anda waspadai

3. Tidak fokus

Jika pewawancara malah melakukan kegiatan lain seperti melihat ponsel, membalas email atau bahkan menelusuri internet saat wawancara sedang berlangsung, maka ini merupakan pertanda jelas bahwa mereka tidak benar-benar memperhatikan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Tidak tersenyum

Coba perhatikan bagaimana cara mereka menyambut Anda ketika masuk ke dalam ruangan. Jika mereka menyambut Anda dengan baik namun lama kelamaan senyum yang ada di wajah mereka terus menghilang, berarti pewawancara memang kehilangan minat untuk berbicara lebih lanjut dengan Anda.

5. Sesi wawancara sebentar

Jika proses wawancara yang Anda alami hanya berlangsung sebentar, maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

6. Sering diam

Pewawancara yang tidak tertarik dengan calon pegawai akan kesulitan untuk mengajukan pertanyaan pada kandidat. Banyaknya jeda dalam sebuah wawancara dapat menjadi sinyal buruk bahwa Anda bisa saja gagal mendapat pekerjaan yang diinginkan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.