Sukses

Pengangkatan Dirjen Pajak Baru Tunggu Keputusan Presiden

Saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan masih dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro masih memproses penunjukan dan pengangkatan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak definitif.
 
Saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan masih dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi.
 
Dalam pelaksanaannya, kata Bambang, Kemenkeu sedang menunggu Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Dirjen Pajak definitif.
 
"Tinggal tunggu Keppres, karena semua pakai Keppres. Mau saya sudah ajukan nama atau belum kan harus pakai Keppres. Jadi tergantung Keppres-nya," jelas Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Terkait siapa dan mekanisme penunjukkan Dirjen Pajak definitif, Bambang masih enggan mengungkapkannya, apakah melalui penunjukan langsung maupun lelang jabatan.

 
"Progress (Dirjen Pajak) lancar-lancar saja. Pokoknya tunggu tanggal mainnya, tunggu pengumumannya. Mau terbuka, tertutup, setengah terbuka. Pokoknya secepatnya, tunggu saja," tegas dia.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak segera menunjuk Dirjen Pajak karena dinilai sangat penting lantaran pajak akan menjadi isu krusial karena merupakan sektor yang paling diandalkan pemerintah ke depan.
 
Tahun ini dianggap momentum untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi fiskal karena akan meningkatkan partisipasi publik semakin besar di sektor pajak.
 
"Presiden diharapkan segera menunjuk Dirjen Pajak definitif agar jajaran Ditjen Pajak dapat segera bekerja memenuhi target 2016," tegas Pengamat Perpajakan, Yustinus Prastowo.  (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.