Sukses

Top 3: Bedanya Investor China dan Jepang di Mata Buruh

Berikut Top 3 berita bisnis, diantaranya perihal perbedaan investor China dan Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penduduk yang besar membuat Indonesia menarik di mata investor asing. Setelah Jepang, Singapura dan negara lainnya, kini perusahaan-perusahaan asal China mulai gencar menanamkan investasinya di Indonesia.

Ternyata buruh mengaku ada sejumlah perbedaan mendasar antara perusahaan China dengan perusahaan Jepang dan Amerika, terutama dalam hal tenaga kerja. Pengakuan buruh ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis.

Selain itu ada informasi perihal cara mengetahui besaran iuran BPJS. Berikut Top 3 berita bisnis, Jumat (5/2/2016):

1. Ini Bedanya Investor China dan Jepang di Mata Buruh

Perusahaan-perusahaan asal China kini mulai gencar menanamkan investasi di Indonesia. Sebut saja produsen otomotif SAIC-GM-Wuling (SGMW) yang membangun pabrik mobil di Bekasi, Jawa Barat dengan nilai investasi sebesar Rp 9,7 triliun.

Sementara di lain pihak, perusahaan-perusahaan asal Jepang dan Amerika Serikat (AS) perlahan mulai menghentikan penjualan produknya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang terpaksa angkat kaki dari Indonesia.

Presiden Konfederasi ‎Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, ada sejumlah perbedaan mendasar antara perusahaan China dengan perusahaan Jepang dan Amerika, terutama dalam hal tenaga kerja. Baca berita selengkapnya di sini!

2. Mau Cek Saldo Iuran BPJS? Ini Caranya

Dalam rangka memberikan kemudahan bagi para peserta dalam mengakses informasi terkait segala hal mengenai saldo iuran dan layanan yang diberikan, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan sosialisasi layanan aplikasi ponsel (mobile app) dengan nama BPJSTK Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, App Store dan Blackberry App World.

Kepala Divisi Pengembangan Teknologi Informasi (TI) BPJS Ketenagakerjaan Romie Erfianto mengatakan, aplikasi tersebut menampilkan sejumlah fitur yang akan memberikan kemudahan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan, antara lain fitur Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT), Layanan Esaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, informasi program JHT, informasi program JKK, informasi program JKM, informasi lokasi kantor cabang, contact center, sosial media link. Baca berita selengkapnya di sini!

3. Daftar Terbaru Orang Paling Kaya di Asia

Sebagai benua dengan luas terbesar dan memiliki populasi paling banyak, Asia juga telah menjelma sebagai rumah bagi para miliarder dunia. Sepuluh dari 50 orang terkaya di dunia berasal dari Asia. Lebih mencengangkannya lagi, kekayaan gabungan mereka bisa mencapai nilai hingga US$ 205 miliar atau setara Rp 2.780 triliun.

Setiap tahunnya lembaga riset Wealth-X melansir data tentang beberapa orang terkaya dunia. Melansir laman Business Insider, Kamis (4/2/2016), survei tersebut didasarkan dari berbagai faktor dan asset yang mereka miliki sepanjang hidup. Baca berita selengkapnya di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini