Sukses

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang

Meski berbagai cara penghematan dan menabung dilakukan, masih ada saja hal-hal yang sering terjadi seperti pengeluaran tak terduga.

Liputan6.com, Jakarta - Perencanaan keuangan bisa saja tidak berjalan sesuai rencana. Meski berbagai cara penghematan dan menabung dilakukan, masih ada saja hal-hal yang sering terjadi seperti pengeluaran tak terduga.

Meminjam uang pun kerap menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah keuangan itu. Sebelum memutuskan memimjam uang, pertimbangan yang harus dipikirkan masak-masak adalah apakah Anda bisa melunasinya.

Selain kemampuan melunasi, mengutip laman GulfNews,Sabtu (6/2/2016), berikut adalah tiga pertimbangan sebelum memutuskan untuk meminjam uang:

1. Jumlah yang dipinjam

Saat kita mengajukan pinjaman tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Pihak bank atau yang memberi pinjaman akan memeriksa kondisi keuangan kita, mulai dari status pekerjaan dan lamanya kita bekerja, pendapatan bulanan dan pinjaman lain yang mungkin kita miliki.

Untuk itu Anda harus bisa mengukur kemampuan apakah bisa mengembalikan sejumlah uang yang kita pinjam dalam waktu yang sudah ditentukan atau tidak. Jika kebutuhan sedikit tetapi ditawari jumlah yang lebih, sebaiknya jangan mengambil semuanya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

2. Bunga pinjaman

Bunga pinjaman bervariasi, tergantung dari kreditor dan jenis pinjamannya, selain faktor-faktor yang terkait dengan kredibilitas kita sendiri. Jadi sangat penting bahwa secara pribadi mengetahui tingkat suku bunga dari pinjaman yang diajukan.

Ingat tingkat suku bunga ini akan berdampak pada cicilan per bulan. Sebagai tambahan, kita juga harus memahami bagaimana bunga dihitung.

Sebelum menandatangani kesepakatan, minta penjelasan rinci tentang perhitungan suku bunga, berapa banyak jumlah uang yang didapat, dan bagaimana keduanya berubah jika kita mengubah pembayaran dan pinjaman jangka bulanan.

Singkatnya, jangan menerima semuanya apa adanya. Umumnya, meminjam uang dari bank bisa sangat mahal.

3. Biaya lainnya

Bukan hanya bunga saja yang membuat pinjaman bisa menjadi mahal, tapi terkadang bank mengenakan biaya-biaya lainnya. Mulai dari administrasi, penalti, potongan dan sebagainya. Anda harus tahu secara detail tentang semua biaya-biaya yang muncul saat meminjam uang dari bank.

Biaya lain yang mungkin tidak dijabarkan di awal tetapi akan muncul saat keadaan menjadi kacau adalah denda dan konsekuensi karena tidak mampu melunasi atau default.

Meski kita tak berharap itu terjadi, tetapi kita harus tahu prosedur yang benar jika benar-benar tidak bisa melunasi pinjaman, termasuk biaya dan konsekuensi lainnya yang mungkin belum tercantum dalam perjanjian.

Jika memakai sistem auto-debet dalam membayar cicilan, usahakan jatuh tempo pembayaran beberapa hari setelah menerima gaji. Hal ini mencegah jika satu saat gaji terlambat dibayarkan oleh tempat kita bekerja.(Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini