Sukses

Ini Ciri-ciri Orang yang Cocok Jadi Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Bermimpi menjadi pengusaha adalah hal baik. Selain bisa membuat orang menjadi kaya, bisnis juga bisa membuka lapangan pekerjaan. Akan tetapi menjadi pengusaha tidak mudah.

Agar sukses, orang harus memenuhi sejumlah persyaratan. Nah, untuk tahu apakah kamu cocok atau tidak di dunia bisnis, pastikan sejumlah ciri ini ada pada dirimu seperti dikutip dari www.cekaja.com, Minggu (7/2/2016):

1. Berani ambil risiko

Ciri-ciri pertama kamu calon pengusaha sukses adalah sifat berani ambil risiko. Risiko memang selalu ada dalam kehidupan, terlebih di dunia bisnis.

Namun, mengambil risiko yang dimaksud bukanlah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan perhitungan matang. Risiko dilihat sebagai peluang keberhasilan bagi pengusaha sukses.

2. Tidak tertutup

Sifat terbuka adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Mengapa demikian? Karena sifat yang mau menerima saran dan kritik dari orang lain akan memberikan kemajuan diri untuk membangun usaha.

Untuk itu, jangan pernah berfikir kritik dan saran orang lain tidak penting. Sebab, saran dan kritik orang lain bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan bisnis.
(Baca juga: Tips Bisnis Online Jersey Bola Ori untuk Pemula)

3. Pintar menganalisis

Seorang pengusaha sukses biasanya merupakan seseorang yang dapat membaca situasi dan mengambil keuntungan dari situasi itu. Pengusaha sukses bisa melihat peluang bisnis besar bahkan dalam belitan masalah sekalipun.

Saat menghadapi masalah, pengusaha sukses mampu menganalisa akar masalah dan menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Mudah beradaptasi

Ketika terjadi suatu masalah yang tidak diinginkan, entah itu terkait iklim bisnis atau yang lainnya. Perhatikan apakah kamu bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan merubahnya menjadi keuntungan.

Apabila kamu memiliki kemampuan tersebut, maka kamu cocok dengan dunia bisnis yang terkenal dinamis dan serba cepat.

5. Berpikir beda

Apabila ingin meraih sukses sebagai pengusaha maka kamu perlu berpikir di luar kebiasaan. Pengusaha sukses biasanya mempunyai cara berpikir yang berbeda daripada orang kebanyakan.

Meskipun, perbedaan cara berpikir tersebut nantinya mendapat cibiran dari berbagai kalangan bahkan keluarga sekalipun

6. Hitungan jitu

Sebagai seorang pengusaha, maka melakukan analisa dan memiliki perhitungan yang matang adalah keharusan. Jadi, pastikan kamu memiliki ciri tersebut. Biasakan diri untuk memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi dengan matang, persiapkan rencana yang jelas dari analisa dan perhitungan yang kamu lakukan tersebut dan lakukanlah.

(Baca juga: Bisnis Ramah Lingkungan Ini Untungnya Bisa Bikin Kamu Adem)

7. Tidak takut gagal

Tidak pernah ada seorang pengusaha sukses di dunia ini yang langsung menuai kesuksesan pada langkah pertama. Semuanya pasti pernah mengalami kegagalan terlebih dahulu bahkan kerugian berkali lipat sekalipun.

Akan tetapi, semua kegagalan tersebut tidak dilihat sebagai hambatan yang menghentikan mereka untuk meraih tujuan. Justru kegagalan tersebut menjadi pemicu untuk lebih bekerja keras dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada. (Ahm/Ndw)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini