Sukses

UANGPEDIA: Merencanakan Keuangan bagi Pasangan Sebelum Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki jenjang pernikahan jadi awal kehidupan baru. Pasangan akan menuju suatu hubungan yang erat. Untuk memasuki kehidupan baru tersebut, ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan termasuk soal keuangan.

Untuk menyiapkan pernikahan ternyata tak hanya  fokus soal untuk mempersiapkan biaya pernikahannya. Akan tetapi, biaya kehidupan selanjutnya usai menikah juga perlu diperhatikan pasangan.

Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih mengatakan, hal utama untuk menempuh pernikahan yaitu keterbukaan dan transparansi.

Hal ini termasuk mengenai keuangan. Putut menilai, keterbukaan dan transparansi itu perlu dilakukan sejak awal untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan masing-masing pasangan.

Ingin tahu apa saja yang perlu diperhatikan untuk tujuan keuangan dalam pernikahan? Apa saja biaya yang perlu dipikirkan sejak awal untuk biaya pernikahan? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.