Sukses

10.300 Desa Terpencil Bakal Nikmati Listrik

Sekitar 6.926 desa atau 67 persen diharapkan mendapatkan aliran listrik lewat program Indonesia Terang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan 10.300 desa di Indonesia mendapat aliran listrik pada 2019. Target tersebut merupakan bagian dari program Indonesia Terang.

Demikian seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Senin (8/2/2016). Program Indonesia Terang merupakan bentuk kewajiban pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Program Indonesia Terang menargetkan enam provinsi di wilayah timur Indonesia yang rasio elektrifikasinya rendah.

Program Indonesia Terang diharapkan dapat membuat wilayah-wilayah di Indonesia bagian timur menikmati listrik 24 jam seperti di Indonesia bagian barat.

Target implementasi Program Indonesia Terang hingga tahun 2019 adalah tersedianya jaringan listrik di 10.300 desa yang ditetapkan sebagai sasaran program.

Dari total target tersebut, sebanyak 6.926 desa atau sekitar 67 persen berada di enam provinsi di wilayah timur Indonesia, yakni Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, dan NTB.
Total kapasitas yang perlu terpasang sebesar 350 MW dengan asumsi konsumsi rata-rata listrik per hari 1,5 kWh/KK.

Program kelistrikan bagi daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau tersebut akan menggunakan sumber-sumber energi baru terbarukan sebagai sumber energi pembangkit listriknya, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa, mikrohydro. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini