Sukses

Cara PLN Jaga Pasokan Listrik Saat Imlek

PT PLN (Persero) menyiagakan petugas untuk menjaga kehandalan pasokan listrik dan mengantisipasi terjadinya gangguan kelistrikan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyiagakan petugas untuk menjaga kehandalan pasokan listrik dan mengantisipasi terjadinya gangguan kelistrikan ‎saat perayaan Tahun Baru Imlek 2016. PLN menyiagakan petugas tersebut di titik-titik perayaan imlek. 

Manager Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎PLN berupaya menjaga pasokan listrik dalam segala kesempatan agar aktifitas masyarakat tidak terganggu. "Semua event kami berupaya untuk all out. Tak hanya imlek, di semua kesempatan kami selalu menjaga pasokan listrik," kata Agung, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (8/2/2016).

Khusus untuk imlek ini, upaya yang dilakukan oleh PLN agar masyarakat yang merayakannya tidak terganggu adalah dengan menjaga pasokan listrik dari pembangkit. Selain itu,PLN juga terus melakukan pengecekan di saluran atau jaringan kelistrikan. Hal tersebut guna menjaga kenyamanan masyarakat yang merayakannya. "Agar pasokan listrik kepada pelanggan tetap tersalurkan dengan baik dan andal,"‎ tutur Agung.

Agung melanjutkan, PLN juga telah menyiagakan petugas pada wilayah yang merayakan tahun baru. Kesiapan petugas tersebut untuk mepercepat penanganan jika terjadi gangguan pada infrastruktur kelistrikan. "Tentunya petugas PLN siaga di titik perayaan imlek, agar pasokan tidak terganggu‎," tutup Agung.

Salah satu cara PLN untuk menjamin pasokan listrik di tahun baru imlek di Jakarta dan sekitarnya adalah dengan merampungkan pekerjaan proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Gandul-Serpong sebanyak 50 tower, yang merupakan bagian dari subsistem kelistrikan Gandul - Muara Karang.

SUTT sepanjang 17,18 kilo meter sirkit (kms) tersebut memasok listrik untuk Jakarta Selatan, Bintaro , Bogor Utara, Tangerang Selatan serta memperkuat subsistem Gandul- Muara Karang.

Pembangunan tower SUTT Gandul- Serpong ini sangat dibutuhkan, karena kebutuhan listrik di Jabodetabek yang semakin meningkat. Dengan berfungsinya SUTT Gandul- Serpong otomatis Subsistem Gandul – Muara Karang akan semakin handal.

SUTT Gandul – Serpong akan dilewati listrik 150 kilo Volt (kV). Secara langsung transmisi ini akan meningkatkan keandalan suplai ke Gardu Induk Petukangan yang sebelumnya hanya di dukung oleh sistem Gandul - Petukangan, saat ini bertambah menjadi Gandul -Serpong - Petukangan.

Sementara itu dalam waktu bersamaan PLN juga sedang meningkatkan tambahan suplai ke Subsistem Gandul melalui proyek penambahan IBT (Interbus Trafo) 500/150 kV 500 MVA yang diharapkan bisa beroperasi pada akhir tahun 2016. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.