Sukses

BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Target

Kontribusi belanja pemerintah terlihat dari pertumbuhan di kuartal IV tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) optimistis target pertumbuhan ekonomi RI di kisaran 5,2 persen-5,6 persen bakal tercapai tahun ini. Pertumbuhan ekonomi dimotori belanja pemerintah.

Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Juda Agung mengatakan, kontribusi belanja pemerintah terlihat dari pertumbuhan di kuartal IV tahun 2015.

"Ini 5,04 persen di kuartal IV di atas proyeksi BI. Kalau dilihat sumber pertumbuhan memang paling besar didorong belanja pemerintah," ujar dia di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Dia meyakini, pada tahun ini belanja pemerintah akan memberikan efek berkelanjutan pada sektor lain. Sehingga, target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai.


"Yang membedakan kuartal IV investasi non bangunan sedikit meningkat sudah ada multiplier efek, diharapkan kuartal I tahun ini pertumbuhan infrastruktur tinggi dibanding tahun lalu," dia menjelaskan.

Dia mengatakan, pertumbuhan infrastruktur tahun lalu relatif lambat. Pasalnya terkendala reorganisasi kementerian. Namun pemerintah telah sigap dengan mempercepat proses lelang.

Dia juga meyakini, sejumlah lembaga survei akan mengubah prediksi pertumbuhan ekonomi dengan angka yang relatif tinggi.

‎"Konsensus 4,9 persen, kayaknya akan revisi ke atas. BI 5,2 persen-5,6 persen. Kita konsisten di range itu," tutup dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.