Sukses

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Hari Pertama Kerja

Suntikan semangat yang bercampur dengan rasa cemas akan menemani Anda menjalani hari pertama bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Hari pertama masuk kerja pasti akan memberi kesan tersendiri. Entah ini merupakan hari pertama Anda bekerja di kantor baru ataupun hari pertama bekerja bagi Anda yang masih baru lulus kuliah, suntikan semangat yang bercampur dengan rasa cemas pun akan menemani Anda menjalani hari.

Nah bagaimana caranya agar Anda dapat melewati hari pertama kerja dengan lancar tanpa hambatan. Melansir laman TheMuse.com, Kamis (11/2/2016) Anda perlu bersikap dengan baik dan menghindari lima hal ini:

1. Terlalu ikut campur

Di hari pertama masuk kerja, Anda pasti akan berkenalan dengan banyak rekan kerja yang baru. Bukan tidak mungkin apabila nantinya Anda pun akan larut berbincang dengan mereka dan mengetahui gosip-gosip yang ada di kantor.

Apabila Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda tidak terlalu ikut campur dan mengambil andil terlalu besar. Bisa jadi, ikut membicarakan gosip yang beredar justru akan menjadi boomerang bagi keberlangsungan karir Anda nantinya.

2. Terlalu berapi-api

Selama menyelesaikan pekerjaan, Anda pasti akan berusaha semaksimal mungkin agar mampu terlihat menonjol dibanding teman-teman Anda yang lain. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati. Jangan sampai sikap ini justru malah membuat Anda terlihat berapi-api.

Tidak ada salahnya untuk member usul dan berinisiatif dalam melakukan sesuatu, namun Anda tetap harus memperhatikan bagaimana kultur perusahaan tempat Anda bekerja sekarang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tidak mau bertanya

Tidak akan ada yang akan memberi tahu Anda secara detail tentang pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Oleh karena itu cobalah untuk mengajukan pertanyaan apabila Anda tidak terlalu familiar dengan hal tersebut.

Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan. Justru, ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya.

4. Tidak berkomunikasi dengan baik

Penting nilainya untuk selalu memberitahu kemajuan pekerjaan pada bos Anda. Hal ini akan memudahkan mereka untuk memantau pekerjaan yang sedang dilakukan ataupun memberikan masukan agar Anda bisa jadi lebih baik.

Sikap tertutup dan tidak mau berkomunikasi dengan baik justru malah membuat Anda sulit untuk berkembang.

5. Tidak mengapresiasi kesempatan

Ada kalanya Anda akan merasa bahwa pekerjaan dilakukan saat ini jauh berbeda dengan apa yang selama ini Anda inginkan.

Walaupun pekerjaan Anda saat ini bukanlah apa yang sebenarnya diinginkan, Anda harus tetap mengapresiasi kesempatan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.