Sukses

Listrik 3 Wilayah Masih Padam Usai Diterjang Bencana Banjir

Pemadaman sementara terpaksa dilakukan demi menjaga keselamatan warga akan bahaya sengatan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan pasokan listrik sesudah bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah, di antaranya Sumatera Barat (Sumbar), Riau, dan Kepulauan Riau (WRKR), serta Bangka Belitung (Babel).

‎Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎di Sumatera Barat sejumlah daerah yang mengalami pemadaman listrik ketika terjadi banjir antara lain Muara Labuh, Sitiung, Kayu Aro, Sijunjung, dan Lima Puluh Kota.

Pemadaman dilakukan karena banjir sudah menggenangi permukiman warga. Pemadaman sementara terpaksa dilakukan demi menjaga keselamatan warga akan bahaya sengatan listrik.

"Kami mohon maaf untuk pemadaman yang kami lakukan. Hal ini semata-mata kami lakukan demi menjaga keselamatan nyawa warga," kata Agung, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Agung menambahkan, pemadaman juga masih dilakukan di rayon Sijunjung. Ada sekitar 500 pelanggan yang belum mendapat aliran listrik karena lokasi belum bisa diakses akibat kondisi air masih tinggi. Hal yang sama juga terjadi di wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR).

Sedangkan di area Pekan Baru rayon Bangkinang, pemadaman terjadi pada 104 trafo distribusi. Di area Rengat Rayon Taluk Kuanta, pemadaman terjadi di 20 trafo distribusi.

‎Menurut Agung, ‎penormalan aliran listrik langsung dilakukan ketika banjir sudah mulai surut dengan tetap memperhatikan unsur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Upaya penormalan listrik sudah kami lakukan saat ini mengingat kondisi air sudah mulai surut " ujar dia.

Untuk wilayah yang kembali mendapatkan pasokan listrik adalah Rayon Lima Puluh Kota. Pasokan listrik secara bertahap sudah mulai masuk saat ini sebanyak delapan trafo yang diambil dari Kelok 9 hingga Koto Alam dengan melakukan manuver dari Harau.
 
"Meski medan berat akibat banjir, petugas PLN wilayah Sumbar tetap melakukan pekerjaan pemulihan hingga daerah Solok. Perbaikan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) di Batu Guriang Sawah Lunto, Singkarak, Sumani, Paninggahan, daerah Bukit Apit dan Sugiran sudah normal kembali pasokan listriknya," Agung memungkasi. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini