Sukses


Ini Rumah Rp 500 Juta yang Dekat Terapis Anak

Masih sedikitnya sekolah untuk anak berkebutuhan khusus terkadang membuat orangtua kesulitan memenuhi pendidikan anak-anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Masih sedikitnya sekolah untuk anak berkebutuhan khusus terkadang membuat orangtua kesulitan memenuhi pendidikan anak-anaknya.

Bagi Anda yang mencari hunian yang dekat dengan fasilitas pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, Rumah.com memberikan beberapa saran seperti ditulis Jumat (12/2/2016).

Seperti yang dialami oleh Ade Ratna (39 tahun), warga Kalisuren, Parung-Bogor yang pada akhirnya memutuskan menjual rumah mereka. Ade lebih memilih rumah baru dengan lokasi yang berdekatan dengan terapi dan sekolah berkebutuhan khusus.

"Awalnya, saya dan suami juga tidak kepikiran bahwa anak saya berkebutuhan khusus. Seiring waktu, akhirnya saya tidak bisa membiarkan anak saya tidak sekolah hingga besar. Mau tidak mau lebih baik saya jual rumah saya dan mencari rumah baru," ujar Ade kepada Rumah.com.

Apa yang dialami oleh Ade bisa jadi dialami juga oleh Anda yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan sangat sulit menjangkau tempat terapi dan sekolah yang layak untuk masa depan.

Akan tetapi mencari rumah dengan harga yang terjangkau ternyata gampang-gampang susah. Selain harga, faktor akses transportasi yang bisa memudahkan Anda untuk bekerja di ibu kota juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih rumah.

Berikut daftar rumah yang bisa menjadi referensi Anda yang berdekatan dengan tempat terapis anak berkebutuhan khusus di pinggir Jakarta:

1. Bogor

Kota hujan satu ini, memiliki keistimewaan tersendiri untuk dijadikan lokasi hunian idaman. Udara yang masih asri dan air yang berkualitas baik, akan mendukung keberlangsungan hidup Anda dan keluarga.

Di Bogor terdapat tempat terapis anak berkebutuhan khusus yang cukup terkenal.  Salah satunya Bina Anak Mandiri (Binari) yang berada di Jalan Graha Bogor Indah Blok G. Nomor 7 Bondongan-Bogor. Sekolah ini merupakan pusat terapi bagi anak autis dan anak special need lainnya.


Kondisi belajar mengajak anak berkebutuhan khusus Bina Anak Mandiri.

Binari bertujuan membantu membina anak-anak istimewa ini sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih optimal dan dapat hidup lebih mandiri, tidak tergantung orang lain serta siap menyongsong masa depan dengan lebih cerah.

Binari memiliki spesifikasi terapi untuk menangani kesulitan pada anak dalam hal keterlambatan bicara, meracau, menarik tangan jika ingin sesuatu, cuek atau tidak peduli dengan sekitarnya, hiperaktif atau hipoaktif, agresif dan masih banyak lagi.

Apabila Anda sedang mencari rumah di kawasan Bogor yang berdekatan dengan lokasi terapis Binari, Green View Residence bisa menjadi pilihan untuk rumah idaman terbaik Anda.

Green View Residence yang berada di Jalan Raya Chifor, Bubulak-Bogor ini memiliki jarak lokasi sejauh 10,7 kilometer dari Binari. Waktu tempuh untuk sampai pada lokasi, sekitar 36 menit dengan kondisi jalan tidak macet.


Perumahan Green View Residence-Bogor

Kelebihan dari perumahan Green View Residence, terletak pada lokasi yang strategis dan masih memiliki kondisi hunian yang cukup asri. Selain itu, akses transportasi umum dari lokasi perumahan juga cukup beragam, antara lain dekat dengan pintu keluar Tol Sentul Selatan, Terminal Bubulak, dan juga stasiun kereta api.

Terdapat empat tipe rumah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni Tipe 36/105, Tipe 45/120, Tipe 60/105, dan Tipe 69/120. Kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp400 juta. Fasilitas di dalam perumahan seperti sport center, area comersial, pacuan kuda, dan masjid juga dapat Anda gunakan tanpa harus keluar perumahan.

2. Tangerang Selatan

Wilayah pinggir Ibukota yang juga diminati oleh pencari rumah baru adalah kawasan Tangerang Selatan. Harga tanah yang mengalami peningkatan tiap tahunnya ini juga menjadi sebab para investor melirik hunian, yang tidak hanya digunakan untuk tempat tinggal tetapi juga untuk meraup keuntungan.

Di kawasan ini, terdapat terapi anak berkebutuhan khusus yang direkomendasikan oleh organisasi autismandiri.org sebagai tempat terapis yang tidak hanya digunakan sebagai terapi anak autis, tetapi juga digunakan untuk tempat penitipan anak (daycare).

Talenta Centre berada di Jalan Villa Bintaro Regency Jl. Sumatra Blok. C-1 No. 2 Pondok Aren. Ini suatu lembaga pendidikan khusus bagi penyandang autisme, hiperaktif, down syndrome dan anak kebutuhan khusus lainnya.

Institusi ini berkomitmen menyiapkan anak-anak dengan kebutuhan khusus, yang tidak semata mengejar prestasi akademis, tetapi secara integral membekali anak didik dengan nilai-nilai keutamaan dan keterampilan untuk menghadapi kehidupan nyata secara mandiri.

Selain itu, mendukung anak didik menjadi diri sendiri dan mengoptimalkan kemampuan, potensi atau talenta yang dimiliki setiap pribadi. Hal unik yang dimiliki pusat pendidikan ini adalah menyusun serangkaian program edukasi dan kegiatan ekstrakulikuler seperti musik, melukis, komputer, berenang, tata boga menyablon, dan lain-lain.

Apabila Anda sedang mencari rumah di kawasan Tangerang Selatan yang berdekatan dengan lokasi terapis Talenta Centre, Bintaro Mutiara bisa menjadi pilihan untuk rumah idaman terbaik Anda.


Perumahan Bintaro Mutiara-Tangerang Selatan.

Bintaro Mutiara yang berada di Jalan Panti Asuhan, Pondok Aren memiliki jarak lokasi sejauh 5,2 kilometer dari Talenta Centre. Waktu tempuh untuk sampai pada lokasi, sekitar 16 menit dengan kondisi jalan tidak macet.


Peta Jarak Lokasi Perumahan Bintaro Mutiara dengan Talenta Centre

Kelebihan dari perumahan Bintaro Mutiara, terletak pada lokasi yang strategis dan masih memiliki kondisi hunian yang cukup asri. Selain itu, akses transportasi umum dari lokasi perumahan juga memberikan prestis yang bisa Anda gunakan, yaitu akses jalan Tol Jalur Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Terdapat lima tipe rumah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni Tipe Permai, Tipe Pesona, Tipe Penina, Tipe Townhouse, dan Tipe Palma. Kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp 560 juta.

3. Bekasi

Di wilayah pinggir Ibukota lainnya juga diminati oleh pencari rumah baru adalah kawasan Bekasi. Pembangunan infrastruktur yang berkembang membuat harga tanah di kawasan ini menjadi primadona para investor.


Kondisi belajar dalam rangka terapi anak berkebutuhan khusus di Hompipa Center. 

Di kawasan ini juga terdapat terapi khusus anak berkebutuhan khusus, berupa klinik komprehensif dengan pelayanan rehabilitasi. Salah satunya Hompipa Center yang ada di Jalan Citra Asih Raya Blok A No. 25, Bekasi.

Hompipa Center memiliki beberapa pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus antara lain Okupasi Terapi, Sensori Integrasi, dan Terapi Wicara. Seluruh tenaga ahli (Terapis) di Hompimpa Center memiliki ijazah dan telah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari Dinas Kesehatan.

Seluruh terapis adalah lulusan dari Program Avokasi Okupasi Terapi DIII Universitas Indonesia, Jurusan Okupasi Terapi Poltekkes Kemenkes Surakarta dan Akademi Terapi Wicara.

Apabila Anda sedang mencari rumah di kawasan Bekasi yang berdekatan dengan lokasi terapis Hompipa Center, terdapat dua rumah rekomendasi terbaik dari Rumah.com yang memiliki jarak lokasi dan harga terjangkau.


Perumahan Mutiara Asgo Residence-Bekasi.

Mutiara Asgo Residence berada di Jalan Swatantra V Jati Asih, Kota Bekasi merupakan rumah rekomendasi terbaik yang bisa Anda pilih untuk hunian masa depan. Jarak tempuh dari perumahan menuju Hompipa Center terpaut 3,1 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 11 menit dengan kondisi jalan tidak macet.

Kelebihan lain yang dimiliki Mutiara Asgo Residence terletak pada akses jalan menuju perumahan yang cukup mudah. Jalan besar terintegrasi dengan Jalan Pondok Gede. Selain itu, lokasi perumahan ini hanya lima menit ke pintu Tol Jati Asih dan 19 menit ke pintu Tol Bekasi Barat.

Perumahan ini memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang anak, taman berman anak, taman lingkungan luas, dan mushola. Harga yang ditawarkan untuk memiliki rumah ini mulai dari Rp 400 juta.

Rekomendasi kedua adalah Perumahan Costaville Residence yang ada di Jalan Perjuangan Raya Jatisari, Jatiasih-Bekasi. Perumahan ini hanya berjarak 3,1 kilometer dari Hompipa Center, dengan estimasi waktu tempuh selama 11 menit dengan kondisi jalan tidak macet.


Perumahan Costville Residence-Bekasi

Kelebihan lain yang dimiliki Costville Residence ada bangunan yang minimalis dan memiliki suasana sekitar yang kondusif dan aman, sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang buah hati. Tipe rumah yang disediakan hanya tipe 40. Harga yang ditawarkan untuk perumahan ini adalah Rp 400 juta-500 juta. (Kantri/Ahm)

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini