Sukses

OJK: Penguatan Rupiah Dorong Minat Investasi

Pemerintah tetap harus waspada. Itu karena fluktuasi mata uang Indonesia tersebut masih dipengaruhi perekonomian global.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan tren positif. Pada hari ini, rupiah dibuka di level 13.390 per dolar AS, lebih kuat jika dibandingkan dengan penutup perdagangan sebelumnya yang berada di level 13.454 per dolar AS.

‪Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, penguatan nilai tukar rupiah ini akan memberikan dampak yang baik terhadap investasi. Diharapkan tren positif ini terus berlanjut.

‪"Kalau nilai tukar kita membaik, tentu nanti iklim investasi akan membaik. Akan tetapi, tentu kita akan lihat secara detil, investasi di bidang apa dan lain-lain," ujar dia di Jakarta, Kamis (11/2/2016).‬

Meskipun demikian, dia menilai pemerintah tetap harus waspada. Itu karena fluktuasi mata uang Indonesia tersebut masih dipengaruhi  perekonomian global.

Salah satunya, kebijakan Federal Reserve terkait suku bunga acuan yang diperkirakan akan mengalami penyesuaian kembali.‬


"Kalau itu kita nggak bisa (perkirakan). Itu kan volatile global, banyak sekali faktor yang mempengaruhi, misalnya Fed Fund Rate. Kemarin itu FOMC itu tetap ya tidak berubah, tetapi kemudian ada juga yang memperkirakan mungkin akan terjadi perubahan dan itu banyak sekali item yang mempengaruhi," kata dia.

Namun Nurhaida meminta para pelaku pasar untuk tidak khawatir. Menurutnya, Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter telah memiliki strategi-strategi untuk mengatasi volatilitas nilai tukar rupiah.

"Pada dasarnya yang penting itu bagaimana kita bersama-sama semua sektor itu bersinergi menghadapi situasi itu. Kita lihat Semester II 2015 itu sudah semakin baik dari semester I. Dan di awal 2016 ini paling tidak sektor pasar modal itu terjadi pertumbuhan yang bagus, tetapi bagaimana kemudian kita bisa menjaga agar pertumbuhan ini sustain," dia memungkasi.(Dny/Nrm)

‪

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Nilai Tukar Rupiah