Sukses

Daftar Negara Paling Baik untuk Wanita Karier

Sejumlah negara memiliki kesempatan kerja paling baik bagi wanita. Mana saja?

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari wanita se-dunia, TheEconomist mengeluarkan daftar hasil survei terhadap beberapa negara yang memiliki kesempatan kerja paling baik bagi wanita untuk menjalankan kariernya.

Melansir laman Norwaypost.no, Jumat (12/2/2016), penilaian survei tersebut didasarkan pada beberapa faktor seperti tingkat pendidikan wanita, partisipasi wanita dalam lapangan pekerjaan hingga perbedaan upah dalam segi gender.

Daftar yang diberi nama The glass-ceiling index, tersebut menempatkan negara Nordic seperti Norwegia, Swedia dan Finlandia sebagai negara yang memiliki kesempatan kerja paling baik bagi wanita.

Norwegia menempati urutan pertama dengan nilai 78,7 di skala nilai 1 hingga 100. Survei tersebut menilai perusahaan asal Norwegia sangat baik dalam merekrut wanita sebagai pegawai.

Di peringkat kedua adalah Swedia dengan nilai 78,1 sementara Finlandia menempati posisi tiga dengan 77,1 poin. Sementara posisi terendah ditempati oleh Korea Selatan dan Jepang yang hanya mampu mencetak nilai 15,5 dan 20 poin.

Berikut adalah daftar 15 besar negara terbaik bagi wanita karier:

1. Norwegia

2. Swedia

3. Finlandia

4. Polandia

5. New Zealand

6. Prancis

7. Denmark

8. Hungaria

9. Kanada

10. Spanyol

11. Israel

12. Belgia

13. Portugal

14. Slovakia

15. Belanda

(Vna/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini