Sukses

Bank Devisa Bikin Ekonomi Wilayah Nelayan Ini Menggeliat

Selama ini perekonomian di Pulau Kisar tidak berjalan meski hasil perikanan di wilayah tersebut melimpah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengapresiasi langkah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang membuka bank devisa di Pulau Kisar. Pulau ini merupakan wilayah terluar Indonesia yang berbatasan dengan Timor Leste.

‎Susi mengaku selama ini perekonomian di Pulau Kisar tidak berjalan meski hasil perikanan di wilayah tersebut melimpah. Itu karena ikan hasil tangkapan masyarakat langsung dijual ke Timor Leste dengan penggunaan dolar.

Dampak lanjutannya, usai memperoleh uang para nelayan langsung membelanjakan di Timor Leste. Kondisi ini membuat perekonomian di Pulau Kisar macet. "Jadi akhirnya di Kisar kehidupan dagang tidak ada lagi," jelas dia di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Namun kini, Susi menambahkan, keberadaan bank devisa membuat nelayan bisa langsung menukarkan dolar di wilayahnya. Perputaran uang pun terjadi dan berdampak pada perekonomian di Pulau Kisar.

‎"Satu menjaga devisa tetap ada. Kedua mempermudah dan akan menghidupkan perdagangan di Pulau Kisar," dia menambahkan.

Susi menilai bank devisa merupakan sesuatu yang positif. Bank devisa merupakan bank yang melayani proses ekspor dan impor.

"Jadi kerjasama dengan BRI sekarang. BRI lihat opportunity untuk menjadi bank devisa. Nelayan nggak perlu habisin duit di Timor Leste," dia memungkasi. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.