Sukses

4 Fakta Penting Soal Wawancara Kerja

Mengetahui 4 hal ini akan memberikan manfaat tersendiri apabila Anda tahu bagaimana mengakalinya

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau proses wawancara kerja merupakan faktor paling kritis yang harus Anda lalui sebelum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengerti bagaimana cara mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Namun ternyata ada beberapa hal yang belum banyak orang ketahui tentang proses wawancara kerja. Mengetahui 4 hal ini bukan hanya dapat memberikan gambaran baru bagi Anda, tapi juga akan memberikan manfaat tersendiri apabila Anda tahu bagaimana mengakalinya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang wawancara kerja seperti dilansir dari themuse.com, Senin (14/2/2016):

1. Anda bukan satu-satunya kandidat yang diwawancarai

Walaupun Anda melamar ke posisi yang hanya mampu diisi oleh segelintir orang, bukan berarti Anda merupakan satu-satunya kandidat yang harus diwawancara pihak HRD pada hari itu.

Nyatanya, banyak pegawai HRD yang menuturkan bahwa rata-rata mereka bisa bertemu lebih dari 10 kandidat sehari dengan posisi yang berbeda-beda.

Terbayang, kan, betapa penatnya hari pegawai HRD apabila mereka harus bertemu dengan banyaknya calon pegawai dan menentukan mana sekiranya calon yang paling pas untuk mengisi jabatan.

Untuk menghindari hal ini, maka pastikan Anda harus benar-benar siap dan datang tepat waktu saat jadwal wawancara tiba. Jangan lupa untuk menciptakan suasana wawancara yang menyenangkan ketika sudah masuk ruangan.

2. HRD tak benar-benar mengerti akan jobdesk jabatan tertentu

Hal ini sangat mungkin terjadi apalagi ketika jabatan yang Anda incar merupakan posisi yang baru. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya tentang arahan yang bisa Anda dapat ketika Anda masuk ke dalam pekerjaan tersebut.

Setidaknya itu dapat menjadi gambaran tersendiri tentang pekerjaan yang nantinya Anda lakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Anda dinilai dari sebelum mulai bicara

Kesan pertama sangatlah penting dalam sebuah proses wawancara. Dua puluh detik pertama merupakan waktu emas Anda untuk meninggalkan kesan yang baik.

Apabila Anda sukses melakukan hal ini, maka secara tidak langsung ini akan memberi pesan tersendiri bahwa Anda merupakan kandidat yang tepat untuk mengisi jabatan di perusahaan tersebut.

4. Anda dinilai berdasarkan tiga faktor

Sebagus apapun resume dan pengalaman kerja yang dimiliki, secara tidak langsung pewawancara akan menilai Anda dari tiga faktor utama. Tiga hal itu adalah apakah Anda merupakan orang yang tepat, apakah perusahaan suka dengan keberadaan Anda, dan apakah Anda mampu beradaptasi di lingkungan kantor.

Pastikan Anda merupakan kandidat yang pas dan mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang tepat. (Vna/Ndw)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.