Sukses

Mau Renovasi Rumah Tapi Tak Ada Biaya? Ini Solusinya

Berikut sejumlah cara yang dilakukan meski alami kekurangan biaya untuk merenovasi rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti halnya barang-barang lainnya, rumah juga tidak selamanya akan terus memiliki ketahanan. Maka suatu waktu rumah juga perlu perawatan dan renovasi. Tapi untuk melakukan renovasi, seseorang akan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Akan tetapi, bila Anda benar-benar ingin melakukan renovasi rumah, ada beberapa cara yang saat ini bisa Anda lakukan mesti kekurangan biaya atau bahkan tak ada biaya. Lalu bagaimanakah caranya tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (12/2/2016):

1. Ajukan Kredit Agunan Rumah

Teknik ini dilakukan dengan meminjam uang kepada bank dengan menjaminkan rumah Anda. Dari teknik ini, Anda akan mendapatkan pinjaman dari bank hingga 80 persen dari harga taksiran rumah.

Penaksiran harga sendiri akan dilakukan oleh pihak bank dari rumah yang Anda miliki. Jadi bila kemudian bank menaksir harga rumah Anda adalah Rp 400 juta, maka bank akan memberikan kredit maksimal Rp 320 juta.

Keuntungan bila Anda meminjam kredit dari bank ini adalah bunga yang terbilang rendah jika dibandingkan pinjaman lainnya. Bunga dan cara perhitungannya dari cara peminjaman ini sendiri hampir menyerupai bunga KPR.

Namun bila Anda memiliki rumah yang masih dalam proses pembiayan KPR, maka Anda tak bisa mengajukan kredit refinancing. Sebab dalam kredit ini mensyaratkan pelampiran Sertifikat Hak Milik (SHM) bangunan dan tanah. Sedangkan Anda yang masih dalam penyelesaian cicilan KPR tentu belum memiliki SHM dari pihak bank.

2. Ajukan Kredit Tanpa Agunan

Bagaimana bila kita tidak memiliki agunan atau jaminan untuk pengajuan kredit renovasi rumah? Caranya Anda memilih Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan pinjaman ini Anda akan bisa mendapatkan dana hingga Rp200 juta untuk renovasi rumah.

Dalam pinjaman KTA sendiri Anda tidak perlu menunggu lama untuk pencairan dana seperti pada kredit dengan agunan. Sebab dengan pinjaman KTA Anda hanya membutuhkan waktu antara 1-2 minggu untuk pencairan dana, bahkan ada yang lebih cepat.

Pilihan pinjaman KTA ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan renovasi kecil dan waktu pengerjaan yang singkat. Dan bagi Anda yang sedang mengambil KPR dan masih belum memiliki SHM, maka Anda masih bisa mengajukan KTA. Meski banyak menyimpan keunggulan, pinjaman KTA ini juga punya kelemahan yaitu suku bunganya yang tergolong tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Renovasi Rumah Tapi Tak Ada Biayanya, Ini Jalan Keluarnya

3. Kredit Renovasi BPJS Ketenagakerjaan

Seseorang yang telah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan (atau Jamsostek) selama minimal 5 tahun memang bisa mengajukan fasilitas kredit renovasi rumah.

Dalam pembiayaan kredit renovasi rumah via BPJS TK, pihak BPJS ketenagakerjaan sendiri akan bekerja sama dengan beberapa bank. Jaminan sendiri adalah dana dalam rekening BPJS ketenagakerjaan yang Anda milki.

Proses kredit BPJS TK ini sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat dan melengkapi persyaratan yang diminta.

4. Manfaatkan Fasilitas Top Up untuk Biaya Renovasi

Fasilitas Top Up maksudnya adalah fasilitas yang diberikan bagi para pengaju rumah KPR dengan jaminan rumah yang saat ini masih dibiayai bank. Peminjaman ini sendiri juga berlaku bagi seseorang yang masih dalam status pembayaran KPR yang belum lunas.

Fasilitas ini biasanya diberikan setelah nasabah telah melewati separuh dari masa kredit dan juga memiliki riwayat kredit yang baik. Dalam hal ini KPR awal Anda akan ditutup dan Anda akan memiliki kredit baru. Dana renovasi yang akan Anda dapatkan sendiri yaitu dari selisih dana plafon pinjaman Anda setelah dikurangi sisa KPR sebelumnya.

5. Lakukan Over Kredit KPR

Jika Anda tidak dapat melakukan pengajuan fasilitas top up maka Anda bisa melakukan over kredit KPR untuk bisa mendapatkan anggaran dana renovasi rumah. Caranya adalah Anda bisa melakukan over kredit ke bank lain untuk mendapatkan dana renovasi. Biaya renovasi yang akan Anda dapatkan sendiri adalah dari selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman yang ada.

Semoga Solusi di Atas Membantu Anda

Demikianlah beberapa informasi mengenai renovasi atau perbaikan dan perawatan rumah yang bisa Anda lakukan dengan biaya minimal bahkan tanpa biaya sekalipun. Dengan hal ini maka Anda yang selalu mengalami kesulitan dengan masalah renovasi rumah kali ini pun Anda akan punya solusinya.

Terapkan saja beberapa teknik di atas tadi yang sesuai dengan keadaan dan kondisi Anda. Dengan menerapkan teknik di atas maka Anda akan mampu merenovasi rumah sesuai dengan apa yang Anda harapkan. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.