Sukses

9 Tips Belanja Online dan Hemat

Berikut 9 tips belanja online secara hemat sekaligus aman yang dapat Anda terapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang semakin canggih agaknya berpengaruh pada gaya belanja masyarakat.

Jika dulu untuk berbelanja harus mendatangi toko dan bertatap muka dengan penjual, kini tak perlu lagi. Belanja dapat dilakukan secara online.

Tak perlu terjebak macet dan antre di kasir, hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan sudah bisa diterima dalam beberapa hari.

Di balik kemudahan berbelanja online, ada pula ancaman yang harus diwaspadai. Mulai dari aksi penipuan hingga belanja berlebihan. Berikut 9 tips belanja online secara hemat sekaligus aman yang bisa Anda terapkan seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (16/2/2016).

1. Lakukan riset toko online

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, sebaiknya Anda melakukan riset toko online terlebih dulu. Riset ini bisa memberikan informasi mengenai harga produk yang sama di beberapa toko online, sehingga Anda bisa membandingkannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui track record dari toko online di mana Anda akan membeli produk serta bisa mengetahui kebijakan toko online terkait dengan cara pembayaran dan pengiriman, termasuk juga return barang jika tidak sesuai dengan pesanan atau cacat.

2. Kenali pemilik toko online

Asyiknya belanja online, kita tak perlu bertatap muka dengan sang penjual. Namun, untuk keamanan bertransaksi sangat disarankan agar Anda mengenali pemilik toko online itu.

Biasanya setiap toko online mencantumkan nomor telepon atau live chat sebagai fasilitas bagi konsumen untuk memesan atau menanyakan informasi lebih detail tentang produk yang akan dibeli. Cobalah hubungi untuk mengetahui apakah nomor telepon tersebut nyata atau fiktif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Berlangganan newsletter toko online

Untuk bisa mengetahui update produk dari toko online favorit secara otomatis, ada baiknya Anda berlangganan newsletter dari toko online tersebut. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya cukup mendaftarkan email dan mengkonfirmasi alamat email tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa memperoleh informasi setiap ada program promo atau produk baru yang ditawarkan oleh toko online terkait melalui email.

4. Manfaatkan marketplace

Untuk mengantisipasi dan menghindari aksi penipuan, Anda bisa berbelanja online di marketplace, one stop shopping dengan beragam pilihan produk dan penjual.

Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu, karena tidak perlu browsing toko online lain. Hanya dengan mengunjungi marketplace, Anda bisa belanja produk yang dibutuhkan sekaligus. Contoh marketplace online di Indonesia di antaranya Tokopedia, Bukalapak, dan Elevenia.

5. Teliti sebelum membeli

Meski sangat mudah, namun belanja online juga cukup berisiko. Maklum, karena pilihan produk hanya direpresentasikan oleh foto saja. Seperti produk baju, akan sulit untuk mengetahui ukuran dan jenis bahannya.

Memang ada deskripsi singkat tentang produk yang disertakan pada foto, namun sering kurang akurat. Untuk memastikan produk yang dipajang sesuai dengan keinginan, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual baik melalui SMS, telepon, BBM, ataupun live chat.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Pilih yang menyediakan fasilitas rekening bersama (Rekber)

Banyak kejadian dalam transaksi online, di mana konsumen telah mentransfer uang ke penjual, tetapi barang tak pernah sampai ke tangan konsumen. Untuk mengurangi risiko penipuan, pilihlah toko online yang menyediakan fasilitas rekening bersama (rekber).

Dengan adanya rekber, uang Anda akan tertahan pada pihak ketiga. Jika ternyata penjual tidak segera mengirimkan barangnya, maka uang Anda akan dikembalikan.

7. Cari kode promo sebelum belanja

Belanja online pun bisa menggunakan voucher atau kupon diskon. Anda bisa mencari kode promo untuk memperoleh potongan harga di toko online favorit.

Caranya dengan mencari kode kupon di situs kupon online seperti flipit.com, kodekupon.com, dan lainnya. Jika telah menemukan kode kupon dari toko online yang dituju, kemudian copy kode tersebut.

Selanjutnya masuk ke toko online tujuan, pilih produk yang akan dibeli, lalu paste kode kupon. Dengan demikian, total belanja Anda otomatis akan dikurangi.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

8. Perhatikan testimoni dari pelanggan

Sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko online tertentu, sebaiknya baca dan perhatikan baik-baik testimoni produk dari pelanggannya. Selain itu, Anda juga bisa browsing tentang reputasi dari toko online terkait. Dengan begitu Anda bisa menilai apakah toko online yang akan dituju bisa dipercaya atau tidak.

9. Manfaatkan diskon yang ditawarkan toko online

Tak sedikit toko online yang menawarkan diskon pada item-item produk tertentu. Nah, Anda bisa memanfaatkan diskon tersebut untuk berbelanja hemat. Anda bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga yang lebih murah.

Tetaplah berhati-hati saat belanja online

Belanja online memang lebih mudah dan praktis juga efisien dalam hal waktu. Namun, Anda harus tetap berhati-hati, jangan sampai terlena sehingga mengakibatkan pembengkakan pengeluaran.

Selain itu juga harus teliti, jangan sampai Anda menjadi sasaran empuk toko online abal-abal yang tidak bertanggung jawab. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.