Sukses

Benahi Sektor Energi, KPK Kumpulkan Pejabat ESDM dan 21 Gubernur

Diperluasnya peran koordinasi supervisi yang dilakukan KPK untuk mempercepat pembenahan sektor energi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengumpulkan pejabat Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan 21 Gubernur. bertemunya para pejabat Kementerian ESDM, para gubernur dan KPK ini untuk  membahas perluasan peran koordinasi supervisi (korsup).

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, KPK telah memperluas sektor yang ditangani koordinasi supervisi. Awalnya korsup hanya pada sektor mineral dan batubara. Setelah pertemuan yang berlangsung Senin (15/2/2016) ini, koordinasi supervisi tersebut diperluas, menangani s‎ektor minyak dan gas bumi (migas), Ketenagalistrikan, dan Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE).

"Kami juga bangun komitmen, mulai hari ini bukan hanya Minerba yang dikorsupkan tapi juga energi. KPK sebagai pendukung, kami akan dampingi dan mudah-mudahan bisa berjalan lebih cepat," kata Agus, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Menteri ESDM Sudirman Said menambahkan, diperluasnya peran koordinasi supervisi yang dilakukan KPK tersebut untuk mempercepat pembenahan sektor energi. "Kementerian ‎ESDM berterima kasih karena KPK memperluas Korsup ini termasuk untuk migas, listrik dan EBT," ungkap Sudirman.

‎Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pembentukan koordinasi supervisi akan meningkatkan koordinasi antara KPK, Kementerian ‎ ESDM dan Pemerintah Provinsi, untuk memecahkan permasalahan sektor tersebut.

"Kementerian Dalam Negeri menyambut baik langkah KPK dengan koordinasi supervisi ini. Setidaknya ada tindakan bersama antara KPK dan Kementerian ESDM untuk melakukan langkah yang kalau dilaksanakan masing-masing butuh waktu lama, tapi kalau bersama akan sangat baik," terangnya.

Tjahjo melanjutkan, kehadiran 21 Gubernur dalam pertemuan tersebut mencetak rekor. Pasalnya, pertemuan sebelumnya jumlah Gubernur yang hadir tidak sebanyak hari ini, adapun Gubernur yang hadir adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan GubernurJambi Zumi Zola. 

Sedangkan pejabat Kementerian ESDM yang hadir adalah Menteri ESDM Sudirman Said, Direktur Jenderal (Dirjen) Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja, Dirjen Ketenagalistrikan Jarman, Dirjen Minerba Bambang Gatot, Dirjen EBTKE Rida Mulyana. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini