Sukses

Gaikindo Optimistis Pasar Otomotif di RI Masih Menggiurkan

, perginya sejumlah merek produk otomotif dari Indonesia karena telah memiliki strategi bisnis sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksi pasar Indonesia otomotif masih cukup menjanjikan pada tahun ini. Hal tersebut sekaligus menepis anggapan yang menyatakan perginya sejumlah merek otomotif seperti Ford dan General Motor (GM) dari Indonesia karena lesunya pasar dalam negeri.

Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo I Made Dana Tangkas mengatakan, perginya sejumlah merek produk otomotif dari Indonesia karena telah memiliki strategi bisnis sendiri. Salah satunya yaitu dengan menghentikan penjualan.

"Kalau dilihat beberapa perusahaan otomotif punya pertimbangan-pertimbangan jangka pendek, menengah, dan panjang. Ini melibatkan global dan domestik, dan bagaimana mereka kembangkan otomotif di Indonesia. Ini bisa digalakkan oleh pelaku otomotif di Indonesia. Gaikindo bisa penuhi pasar domestik," ujarnya di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

 

Dana menyatakan, penjualan kendaraan bermotor khususnya roda empat masih tetap tinggi. Dia memperkirakan penjualan mobil tahun ini akan menembus 1,15 juta unit.

"Proyeksi cukup baik. Sementara ini, proyeksi yang ada 1,05 juta-1,15 juta unit," kata dia.

Menurut dia, pencapaian target ini akan didorong oleh meningkatnya daya beli masyarakat pada tahun ini serta pembangun infrastruktur yang tengah digenjot oleh pemerintah.

"Kita lihat perkembangan dari bulan ke bulan. Lihat pertumbuhan dan daya beli. Di 2016 ini pun tanda-tanda proyeksi pemerintah, pembangunan infrastruktur dan geliat ekonomi bisa bergerak terus," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini