Sukses

Kembangkan Bandara Soetta, AP II Dapat Pinjaman Rp 2,1 Triliun

Dalam pengembangan beberapa bandara, AP II selama ini memang masih mengandalkan fasilitas pinjaman dari dalam negeri.

Liputan6.com, Bandung - PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani ‎fasilitas sindikasi dari tiga bank BUMN yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Direktur Utama PT AP II Budi Karya menjelaskan, pinjaman itu dilakukan untuk memfasilitasi pengembangan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng Banten. Adapun fasilitas sindikasi ini senilai Rp 2,1 triliun.

"Penggunaannya diantaranya untuk terminal 3, ini pokoknya konsentrasi untuk Jakarta (Soetta)," kata Budi Karya di Bandung‎, Jumat (19/2/2016).

‎Dikatakan Budi, dalam pengembangan beberapa bandara, AP II selama ini memang masih mengandalkan fasilitas pinjaman dari dalam negeri. Mulai dari perbankan, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), kredit sindikasi dan obligasi.

Saat ini, AP II tengah fokus untuk merampungkan Terminal 3 Ultimate, yang digadang-gadang akan menyaingi Bandara Inter‎nasional Changi, Singapura. Untuk itu pihaknya membutuhkan tambahan permodalan.

"Saat ini pembangunan Terminal 3 Ultimate sudah mencapai 96 persen, kita akan segera resmikan Maret, namun baru 50 persen," papar Budi.

Budi juga menyinggung perihal rencana penerbitan obligasi. Dia mengaku akan menerbitkannya pada Juni tahun ini. Ditargetkan dari hasil penerbitan obligasi tersebut akan menambah equity mencapai Rp 2 triliun. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.