Sukses

Koperasi Terbesar RI Diminta Aktif Kurangi Kemiskinan

Koperasi BMT UGT Sidogiri mampu mencatatkan aset Rp 1,8 triliun pada 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga meminta koperasi  simpan pinjam syariah (KSPS) BMT UGT Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur untuk terlibat dalam pengentasan kemiskinan.

Hal itu mengingat koperasi yang telah menyelesaikan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini mampu membukukan aset sebesar Rp 1,8 triliun pada 2015. Aset itu termasuk terbesar di Indonesia.

Bahkan karyawan koperasi BMT UGT Sidogiri mencapai 1.422 orang dan kantor layanan 273 yang tersebar diseluruh Indonesia. Karena itu,  Puspayoga menuturkan, apa yang sudah dilakukan selama ini dengan berbagai program di koperasi syariah  perlu ditingkatkan lagi.

Apalagi apa yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri bena-benar implementasi dari amanah konstitusi UUD 1945.

"Maka dari itu pengembangan koperasi syariah yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri  ke depan akan membantu dalam program  penanggulangan  kemiskinan dan peningkatan  kesejahteraan," ujar Puspayoga dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2/2016).

Sementara itu, Ketua KSPS BMT UGT Sidogiri KH Mahmud Ali Zain mengatakan, perkembangan dari BMT UGT Sidogiri tidak lepas dari partisipasi  para anggota saat ini yang berjumlah 12.901 anggota.

Terkait peningkatan aset, Ali Zain menegaskan, selama ini dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya adalah  simpanan sukarela sebesar 25 persen pada 2015. Dana pinjaman dari bank sebesar 42 persen.

Sementara sisa hasil usaha (SHU)  juga meningkat 5 persen dari Rp 68 miliar menjadi Rp 72 miliar. Omzet juga naik lima persen menjadi Rp 16,8 triliun pada 2015 dari posisi 2014 di kisaran Rp 16,04 triliun. "Dengan kinerja koperasi syariah ini kami berharap ke depan akan terus meningkat sehingga keberadaan dari BMT UGT Sidogiri bermanfaat untuk umat," ujar dia. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini