Sukses

Bank BTN Diminta Jadi Pelopor Penurunan Bunga KPR

Setiap penurunan 1 persen suku bunga KPR akan meningkatkan potensi pasar KPR sebesar 4 persen-5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) ke level 7 persen seharusnya dapat memicu penurunan suku bunga Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai bank perumahan dinilai seharusnya menjadi pelopor penurunan suku bunga KPR tersebut.

Demikian diungkapkan Pengamat Properti Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda kepada Liputan6.com, Selasa (23/2/2016).

Mengacu pada riset IPW yang menyebutkan, setiap penurunan 1 persen suku bunga KPR akan meningkatkan potensi pasar KPR sebesar 4 persen-5 persen. Dengan penurunan BI Rate dari 7,5 persen menjadi saat ini 7 persen dimungkinkan suku bunga KPR ikut turun menjadi satu digit.

Sementara saat ini Suku Bunga Dasar (SBDK) masing-masing bank masih berada di level dua digit. Jika suku bunga KPR menjadi satu digit berarti akan ada potensi peningkatan pangsa pasar KPR 10 persen- 25 persen pada 2016.


“Kami sangat menyayangkan SBDK bank-bank yang masih belum turun. Bahkan Bank BTN yang menjadi market leader KPR dan dikenal sebagai bank perumahan seharusnya dapat menerapkan bunga yang lebih rendah dibandingkan bank lainnya,” tegas Ali.

Menurut dia, hingga kini Bank BTN masih memberikan suku bunga yang relatif tinggi dibandingkan dengan bank lain dan bertolak belakang dengan visi bank BTN sebagai bank perumahan.

Bank Indonesia kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dari 7,25 persen menjadi 7 persen. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengharapkan, kebijakan ini dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi.

Selain itu diharapkan penurunan BI rate akan diikuti penurunan suku bunga kredit perbankan sehingga mendorong konsumsi masyarakat. (Muhammad Rinaldi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini