Sukses

Cara AP II Tambah Penumpang di Bandara Tanjung Pinang

Kapasitas Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang belum sebanding dengan tingkat isian penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Kapasitas bandar udara (bandara) Raja Haji Fisabilillah (RHF) di Tanjung Pinang belum sebanding dengan tingkat isian penumpang. PT Angkasa Pura II sebagai operator bandara ini bakal menargetkan di tahun ini bandara tingkat isian penumpang bakal memenuhi kapasitas.

General Manager Bandara RHF Surahmat mengatakan, sekarang bandara yang terletak di Kepulauan Riau ini memiliki kapasitas 1 juta penumpang per tahun. Sayangnya, bandara ini masih sepi penumpang.

"Baru sekitar 40 persen per tahun," kata Surahmat di Bandara RHF Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Jumat (26/2/2015).

 



Dia mengatakan, jika peak season penumpang akan melonjak naik. Namun secara rata-rata per hari penumpang yang menggunakan bandara ini hanya berkisar di angka 300-350 orang dalam 5 kali penerbangan.

"Sehari sekitar 300-350 orang," katanya.

Tahun ini, akan ada beberapa rute baru yang diterbangkan dari dan menuju Bandara RHF. Disebutkan Surahmat di antaranya adalah Tanjung Pinang-Medan, Tanjung Pinang-Padang, Tanjung Pinang-Pekanbaru, dan Tanjung Pinang-Palembang.

"Kita harap dengan begitu bisa meningkat jadi sekitar 70 persen," tambahnya.

Selain itu, dia juga mengatakan salah satu maskapai penerbangan swasta yaitu Sriwijaya Air bakal membuka rute penerbangan internasional Tanjung Pinang ke beberapa kota di China.

"Dengan begitu kita harapkan bisa 100 persen," tuturnya.(Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini